alexametrics
Kamis, 13 Aug 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Gus Kamil Meninggal Dunia Diduga Terpapar Transmisi Lokal di Rembang

14 Juli 2020, 16: 49: 49 WIB | editor : Ali Mustofa

Gus Kamil Meninggal Dunia Diduga Terpapar Transmisi Lokal di Rembang

REMBANG – Dugaan sementara Gus Kamil terpapar dari transmisi lokal di Rembang. Dugaan kuat itu lantaran pada akhir Juni lalu Kapolsek Sarang AKP Haryanto meninggal dunia karena Covid-19. Pada Minggu (12/7) dari Desa Karangmangu, Sarang, Rembang, pasien meninggal terkonfermasi Covid-19.

Humas Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Arief Dwi Sulistya menilai riwayat penularan di Rembang terjadi pada pengembangan kasus dari pasien sebelumnya yang dinyatakan Covid-19. Sehingga dapat dikatakan menjadi transmisi lokal.

”Kalau semua ditutup (lock down, Red) pun belum tentu berasal dari luar. Covid sudah berada di sekitar Rembang,” jelasnya.

Karena itu, lanjutnya, perlu ditingkatkan kepedulian dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Antara kasus Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang dengan kasus-kasus lainnya bisa jadi ada keterkaitan bisa jadi tidak. Karena itu belum bisa ditetapan sebagai klaster. 

Baca juga: Almarhum Gus Kamil Putra Mbah Moen Dikenal Terbuka dan Rendah Hati

”Perlu penelusuran dulu untuk mengetahui dari mana Gus Kamil tertular Covid-19,” tegasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Rembang dr Ali Syofii menyampaikan pihaknya akan mentracking yang memiliki kontak erat dengan Gus Kamil. Sebelumnya dari pondok ada enam orang di-swab. Sabtu (11/7) seluruh staf di sekwan sudah di-swab. ” Setahu kami beliau (Gus Kamil, Red) jarang ekspos dengan santri. Santri yang dekat dengan beliau sudah di-swab. Hasilnya kira-kira lima-enam hari lagi,” jelasnya.

Dari pihak keluarga, Gus Idror menyampaikan, Gus Kamil sering sakit. Gus Kamil punya riwayat kencing manis dan asma. ”Punya kencing manis dan asma dari kecil. Sering sakit-sakitan dari kecil,” ujarnya. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP