alexametrics
Selasa, 04 Aug 2020
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Juara Berkat Puisi yang Dibuat Sehari

10 Juli 2020, 10: 11: 04 WIB | editor : Ali Mustofa

Ghania Bilqistiyani Syakila

Ghania Bilqistiyani Syakila (Dok. Pribadi)

Share this      

GHANIA Bilqistiyani Syakila sempat kebingungan saat hendak membuat puisi tentang kepolisian. Akhirnya dia memutuskan membuat puisi berjudul ”Pataka Polri”.

Puisi itu dibuatnya hanya dalam satu hari. Namun, dia berhasil meraih juara I dalam lomba cipta dan baca puisi yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bhayangkara baru-baru ini.

Gadis kelahiran Jepara, 7 Oktober 2002 ini menceritakan, karena lomba digelar secara online, dia tak hanya membuat naskah puisi, tetapi juga merekam dalam bentuk video saat membacakan. ”Ini juga pengalaman pertama saya ikut lomba baca puisi online. Jadi cukup berkesan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Perempuan yang tinggal di Desa Kedungsarimulyo, Kecamatan Welahan, Jepara, tersebut dia membuat puisi pagi hari. Lalu, malamnya merekam saat pembacaan. ”Sempat bingung karena tidak begitu paham soal Polri. Lalu searching saja dan mengumpulkan niat menulis puisinya,” ungkapnya.

Saat tuntas menulis puisi, dia sempat dibantu ibunya untuk me-review. ”Ibu saya yang juga suka puisi melihat hasil akhirnya. Lalu saya dites seperti ditanya maksud puisinya, supaya saya benar-benar memiliki pemahaman atas apa yang saya tulis,” jelasnya.

Untuk pembuatan video, pelajar SMA Negeri 1 Welahan ini, dia dibantu kakaknya. ”Saya cari konsep, lalu take-nya dibantu kakak,” ujarnya.

Dia tak menyangka bisa meraih juara I. ”Senang proses yang saya lakukan diapresiasi,” tuturnya.

Bagi Ghania, berpuisi bukan hal baru. Dia berkiprah dalam dunia sastra sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD). Berawal dari suka membaca puisi-puisi tulisan sang ibu, kemudian mencoba mengikuti lomba-lomba dalam pembacaan dan cipta puisi.

Pada 2013 lalu, dia berhasil meraih juara I lomba baca puisi tingkat SD se-Kabupaten Jepara dalam rangka HUT ke-68 RI. Kemudian, pada 2015 menjadi juara III baca puisi FLS2N tingkat SMP se-Kabupaten Jepara. Lalu, juara I baca puisi HUT ke-73 RI tingkat SMA se-Kabupaten Jepara. Selain itu, puisi karyanya dimuat di edisi Gelora Bumi Kartini dan dalam antologi puisi Membaca Jepara jilid I-V. 

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia