alexametrics
Selasa, 11 Aug 2020
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Berdalih Terdesak Ekonomi, Tiga Kawanan Pencuri Sepeda Diringkus

01 Juli 2020, 14: 04: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

DITANGKAP: Pelaku pencurian sepeda mengakui perbuatannya di hadapan Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan dalam gelar kasus kemarin.

DITANGKAP: Pelaku pencurian sepeda mengakui perbuatannya di hadapan Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan dalam gelar kasus kemarin. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN - Terdesak kebutuhan ekonomi, tiga pria nekat melakukan pencurian sepeda ontel merek ternama di kawasan Alun-alun Kota Purwodadi. Satu dari tiga pelaku akhirnya berhasil diamankan petugas.

Penangkapan tersangka, berawal dari laporan dua warga yang kehilangan sepedanya saat berolahraga di alun-alun. Mereka kehilangan sepeda dalam waktu yang berbeda, namun di lokasi yang sama.

Korban, Lutfia, 15, warga Kecamatan Purwodadi menceritakan bahwa sebelum sepeda hilang, ia memarkirkan sepedanya di trotoar alun-alun sebelah utara dengan kondisi tidak dikunci. Setelah diparkirkan, ia bersama temannya melakukan lari pagi pada Selasa (16/6).

Tak lama, sekitar 10 menit kemudian, korban kembali ke lokasi parkir dan tidak menemukan sepedanya. Meyakini sepedanya telah hilang, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Purwodadi.

Keesokan harinya, korban selanjutnya bernama Aprilia Sani, warga Karangpahing Kecamatan Penawangan juga memarkirkan sepedanya di trotoar alun-alun bagian selatan. Saat ditinggal sejenak, ia melihat ada pria mengambil sepeda tanpa sepengetahuannya.

Dalam waktu yang bersamaan, ada petugas dari Polsek Purwodadi yang tengah berpatroli dan mendapati seorang pria yang memasukkan sepeda ke dalam mobil jenis MPV. Mengetahui aksinya diketahui petugas, sepeda yang hendak dimasukkan ditinggalkan begitu saja. Kawanan pencuri tersebut melarikan diri.

"Sempat mengejar dan akhirnya petugas memberikan tembakan terukur (peringatan) ke arah mobil tersebut. Namun, tidak digubris pelaku. Ia meninggalkan kendaraannya dan lari," ujar Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan.

Lantaran ban mobil tersebut pecah bekas tembakan petugas. Dari plat nomor mobil tersebut, dilakukan pengembangan dengan pelacakan alamat pemilik mobil sesuai dengan TNKB yang ada.

Setelah melakukan pelacakan, diketahui mobil yang dibawa para pelaku ini merupakan mobil rental. Petugas berhasil mengintai seorang pelaku bernama Kismanto, 48, warga Demaan Kabupaten Kudus. Tanpa perlawanan, Kismanto berhasil diamankan petugas dan langsung digelandang ke Polres Grobogan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

”Mobil yang mereka bawa itu mobil rentalan yang disewa Rp 300 ribu per hari. Mereka sempat sekali menjual sepeda yang mereka curi senilai Rp 1,2 juta. Karena mereka bertiga. Per orang mendapatkan keuntungan Rp 250 ribu. Mereka mencuri sepeda lantaran sepeda lagi booming dan cukup banyak dicari. Pelaku juga menjelaskan ia sebagai sopir dalam aksi ini,” jelasnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. Sementara barang bukti yang berhasil disita petugas yakni satu unit mobil warna silver dengan bekas tembakan di bagian pintu sebelah kiri dan satu unit sepeda. 

(ks/int/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia