alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Satlantas Polres Jepara Tindak Tegas Kendaraan Overload

30 Juni 2020, 11: 55: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

MELEBIHI KAPASITAS: Anggota Satlantas Polres Jepara menindak pengendara yang mengangkut barang melebihi kapasitan kemarin.

MELEBIHI KAPASITAS: Anggota Satlantas Polres Jepara menindak pengendara yang mengangkut barang melebihi kapasitan kemarin. (SATLANTAS FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Satlantas Polres Jepara mendapati kendaraan yang melintas di wilayah Jepara overload dan over dimensi. Tindakan tegas diberikan kepada pengendara dengan memberikan surat tilang.

Petugas menghentikan truk dengan muatan berlebih. Pengendara menepi untuk dimintai keterangan, kelengkapan surat, hingga identitas pengemudi. Penindakan itu untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Kasatlantas Polres Jepara AKP Hari Condro R mengatakan, kendaraan yang overload dan over dimensi jelas melanggar aturan lalu lintas. ”Selain membahayakan pengendara itu sendiri juga membahayakan orang lain,” ujarnya.

Ditemukan pengendara yang memodivikasi kendaraan yang menyebabkan perubahan tipe. Seperti bak truk yang panjangnya ditambah. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hukuman ancaman maksimal satu tahun penjara atau denda paling banyak Rp 24 juta.

Sementara kendaraan angkutan umum barang yang tidak sesuai tata cara pemuatan dan daya angkut dimensi kendaraan dapat dipidana paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu. ”Kami mengimbau kendaraan barang memuat sesuai kapasitas kendaraan,” jelasnya.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia