alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Menang Lomba Tingkat Provinsi, Alpukat Watuaji Dikembangkan

29 Juni 2020, 12: 12: 40 WIB | editor : Ali Mustofa

UNGGUL: Alpukat asal Desa Watuaji Kecamatan Keling menjadi salah satu buah unggulan di Kota Ukir.

UNGGUL: Alpukat asal Desa Watuaji Kecamatan Keling menjadi salah satu buah unggulan di Kota Ukir. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA - Pemkab Jepara terus mengembangkan alpukat asal Desa Watuaji Kecamatan Keling sebagai salah satu buah unggulan di Jepara. Selain dagingnya yang tebal dan legit, alpukat ini juga telah meraih juara 1 dalam festival 2018 lalu.

Kepala DKPP Kabupaten Jepara Diyar Susanto melalui Kepala Seksi Produksi dan Usaha Holtikultura Zumiyarsih mengatakan, alpukat yang meraih juara satu di tingkat Provinsi Jawa Tengah milik Sartam, salah satu petani buah Desa Watuaji. Sartam diketahui sebagai guru SD yang mengembangkan alpukat secara mandiri sejak 2009 lalu. ”Cerita awalnya bibit alpukat itu dibawa dari Sumatera. Jenisnya sendiri kalau tidak alpukat miki dan wina,” tuturnya.

Zumiyarsih mengatakan, setelah meraih juara di tingkat provinsi, alpukat unggulan milik Sartam saat ini banyak dikembangkan melalui kelompok-kelompok tani yang ada di desa tersebut.

Keunggulan alpukat ini cukup banyak. Mulai dari daging buah tebal, warna daging kuning mentega, dan rasa daging gurih legit. Selain itu tekstur kasat dengan kadar air yang sedikit, aroma sedang, kulit buah bisa dikelupas hingga ukurannya cukup besar yakni berat rata-rata 7 ons.

(ks/emy/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia