alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus
Biaya Pengobatan Tak Jadi Beban,

Rasanya Lega Jadi Peserta JKN, Kini Biaya Pengobatan Tak Jadi Beban

27 Juni 2020, 10: 32: 23 WIB | editor : Ali Mustofa

Noor Malia, Peserta JKN

Noor Malia, Peserta JKN (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Noor Malia merasa lega ketika sudah jadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Apalagi, saat dia divonis menderita Trigliserida tinggi. Selama pengobatan sejak 2018, semuanya dikover oleh JKN.

Warga Desa Megawon, Kecamatan Jati itu masuk dalam kepesertaan pekerja penerima upah (PPU) JKN kelas II Noor Malia. Pada 2018, Lia rawat inap di rumah sakit Aisyiyah dikarenakan Trigliserida tinggi.

Ia tak menyangka punya penyakit seperti itu. Selama hidup tidak ada persoalan dengan darah tinggi, kolesterol, dan sebagainya. Awalnya, dia mengeluhkan pusing yang sangat hebat. Di tengkuknya merasa berat. Bahkan sakitnya tak bisa ditahan. Bersama suaminya, saat itu kontrol ke RS Aisyiyah. Ternyata langsung disuruh rawat inap karena Trigliserida tinggi dan harus mendapatkan perawatan intensif.

”Kalau tidak segera diobati bisa menyerang jantung. Pada waktu sakit itu, dokter menyampaikan bisa terjadi serangan stroke dan jantung. Kurang lebih satu minggu dirawat, dan jantung saya diperiksa lebih lanjut. Seumur-umur sakit ini yang membuat panik,” terangnya.

Lia bersyukur masuk kepesertaan JKN. Sebab, biaya perawatannya sejak 2018 ditanggung JKN. ”Kalau sudah jadi peserta JKN rasa lega tidak menjadi beban untuk biaya pengobatan. Layanan di rumah sakit juga tidak ada perbedaan, cepat ditangani juga,” ungkapnya.

Selama Lia sakit, sempat berpikir. Misalkan, ada orang mengalami kasus sepertinya dan tidak memiliki jaminan kesehatan, pasti bebannya makin berat. Karena sakit datangnya tiba-tiba. Kalau pas tidak punya uang, terlunta-lunta penangannya. JKN manfaatnya sangat banyak, misalkan Lia tidak ditanggung perusahaan pun, tetap mendaftar JKN karena butuh sewaktu-waktu sakit mendadak.

(ks/san/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia