alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Layanan Inovatif di Pengadilan Agama Purwodadi Puaskan Masyarakat

26 Juni 2020, 14: 07: 50 WIB | editor : Ali Mustofa

LAYANI MASYARAKAT: Situasi layanan pos bantuan hukum di Pengadilan Agama Purwodadi kepada masyarakat.

LAYANI MASYARAKAT: Situasi layanan pos bantuan hukum di Pengadilan Agama Purwodadi kepada masyarakat. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN - Mewujudkan pembangunan zona integritas di Pengadilan Agama (PA) Purwodadi menuju WBK dan WBBM terus digencarkan secara luas. Melalui berbagai inovasi pelayanan untuk memberi kepuasan kepada masyarakat. Dengan Zona Integritas masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam mencegah korupsi dam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Gencarnya Zona Integritas ini dimaksud untuk mengindari terjadinya pungli, calo dan gratifikasi. Kepuasan masyarakat diutamakan melalui berbagai inovasi pelayanan. Langkah kali pertama yang dilakukan Ketua PA Purwodadi Abdul Rozaq dengan melakukan sosialisasi pembangunan Zona Integritas, agar kemauan melakukan perubahan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WBBM didengar dan dipahami oleh eksternal maupun internal Pengadilan Agama.

”Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) antara Pengadilan Agama, Dukcapil dan Bank Syariah Mandiri guna memberikan pelayanan di kantor PA mempunyai tugas dan fungsi masing-masing sehingga pelayanan bisa lebih cepat, mudah dan transparan. Ini menjadi inovasi yang dibuat demi memberi pelayanan yang terbaik kepada pencari keadilan,” ungkap Ketua PA Purwodadi Abdul Rozaq.

PERSIDANGAN: Penyerahan berkas saat melaksanakan sidang  di Pengadilan Agama Purwodadi

PERSIDANGAN: Penyerahan berkas saat melaksanakan sidang  di Pengadilan Agama Purwodadi (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Dengan sistem tersebut harapannya pelayanan yang diberikan menjadi terstruktur dan terukur, sekaligus meningkatkan hak masyarakat terhadap pelayanan publik serta diharapkan tidak ada KKN di PA Purwodadi. 

Selanjutnya, PA juga menggunakan aplikasi hasil inovasi yang mereka buat. Ada enam aplikasi itu dimaksud bisa memberikan servis terbaik kepada masyarakat di antaranya e-TARA, Simpang Lima, Mencari Kekasihku, e-Sukma, SIMAS dan e-Bukutamu.

”Aplikasi dari Direktorat Badan Peradilan Agama MA RI ada 11 Aplikasi yaitu notifikasi perkara, informasi produk pengadilan, antrean sidang, basis data terpadu kemiskinan, command center, PNBP fungsional, e-Eksaminasi, e-Register, w-Keuangan, validasi akta cerai dan aplikasi gugatan mandiri. Ditambah enam aplikasi inovasi dari kami. Masyarakat bisa akses melalui tempat tinggal mereka masing-masing. Sehingga tak perlu lagi antre dan menunggu untuk sidang,” ujarnya.

Dengan berbagai sistem dan inovasi tersebut, pihaknya berharap PA Purwodadi terus konsisten menuju Zona Integritas. Sehingga dapat mewujudkan sinergi yang lebih baik dalam memajukan Kabupaten Grobogan terutama dalam pelayanan masyarakat.

(ks/int/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia