alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

SMA NU Hasyim Asy'ari Kudus Luncurkan SI Hasyim untuk Layanan Akademik

26 Juni 2020, 10: 58: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

ANTUSIAS: Guru antusias mendengarkan penjelasan tentang SI Hasyim untuk disosialisakan ke wali murid disela-sela IHT.

ANTUSIAS: Guru antusias mendengarkan penjelasan tentang SI Hasyim untuk disosialisakan ke wali murid disela-sela IHT. (SAMODRA DAHLIYA/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus, bekali Sistem Informasi (SI Hasyim) ke tenaga pengajar.  Workshop dan pembekalan dilaksanakan di Hotel Proliman Kudus, mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai. Acara diselenggarakan pada hari Rabu, (24/6) kemarin. SI Hasyim diresmikan langsung oleh ketua Yayasan Hasyim Asy’ari Subarkah M. Hum.

Menurut Kepala Sekolah SMA NU Hasyim Asy’ari  Nafi’an S.Pd.i, dalam menjawab tantangan jaman yang serba canggih ini, SMA NU Hasyim Asy’ari  harus terus melakukan terobosan. Termasuk di antaranya adalah penggunaan sarana teknologi sebagai media komunikasi. ”Saat ini, SMA NU Hasyim Asy’ari merupakan salah satu SMA Swasta NU yang masih memiliki jurusan IPA dan IPS. Di kota Kudus hanya ada dua, dan salah satunya adalah SMA NU Hasyim Asy’ari ,” ungkap Nafi’an.

Dalam workshop kali ini lanjutnya, materi yang disampaikan adalah tentang Workshop penyusunan Silabus dan workshop penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disampaikan oleh Drs. M Zainuri M.Si. ”Kami harus tanggap terhadap tuntutan teknologi, karena itu yang dibutuhkan oleh SMA NU Hasyim Asy’ari saat ini,” imbuhnya.

WORKSHOP: Seluruh tenaga pengajar dan staff SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus merasa enjoy saat melaksanakan workshop penyusunan silabus dan RPP di Hotel Proliman kemarin.

WORKSHOP: Seluruh tenaga pengajar dan staff SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus merasa enjoy saat melaksanakan workshop penyusunan silabus dan RPP di Hotel Proliman kemarin. (SAMODRA DAHLIYA/RADAR KUDUS)

Sebagai narasumber utama SI Hasyim dan IHT KTSP Drs. HM. Zainuri, M.Si., sangat mengapresiasi program SI Hasyim. ”SMA NU Hasyim Asy'ari Kudus  merupakan salah satu dari sekian SMA di Kudus yang saya bina. Saya optimistis, dengan dukungan IT SI Hasyim, SMAN NU Hasyim Asy’ri mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Koordinator dan pemateri SI Hasyim Edry Wirantono, S.T., S.Pd., dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis IT dan pembelajaran jarak jauh, informasi yang diterima oleh siswa menjadi sama. ”Artinya, siswa mendapatkan informasi lebih akurat, karena mendapatkan informasi langsung dari sumber utama,” tegasnya.

”Caranya cukup mudah, yakni dengan mengirim pesan ke nomor Whatsapp 0895395674477, secara otomatis akan mendapatkan balasan. Jawaban sudah didesain menyesuaikan dengan pertanyaan dari siswa. ”SMA NU Hasyim Asy’ari adalah lembaga pendidikan NU, sebagai identitas, setiap jawaban ke siswa, kami sertakan ucapan salam. Karena itu merupakan identitas SMA NU Hasyim Asy’ari,” tuturnya bangga.

Ketua panitia pelaksana workshop IHT Endah Noor Khamna menyampaikan harapannya, melalui pelatihan ini diharapkan semua Staf dan Guru SMA NU Hasyim Asy’Ari, memiliki kemampuan sesuai standar yang ditetapkan oleh lembaga dalam memberikan pelayanan.

“Dengan begitu, peserta didik kami merasa nyaman dalam melaksanakan pembelajaran melalui daring (dalam jaringan). Tentu hasilnya juga bisa lebih maksimal,” pungkasnya.

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia