alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Digitalisasi SMAN 1 Lasem Bakal Jadi Percontohan

25 Juni 2020, 12: 17: 27 WIB | editor : Ali Mustofa

ANTUSIAS: Peserta Bimbingan Teknis (Bintek) Pemanfataan Integrasi Office 365 untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) asyik menghadap komputer kemarin.

ANTUSIAS: Peserta Bimbingan Teknis (Bintek) Pemanfataan Integrasi Office 365 untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) asyik menghadap komputer kemarin. (SMAN 1 Lasem For Radar Kudus)

Share this      

REMBANG – SMAN 1 Lasem menggiatkan digitalisasi untuk pendidikan di linkungan sekolah. Kemarin diadakan Bimbingan Teknis (Bintek) Pemanfataan Integrasi Office 365 untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PPJ) SMAN 1 Lasem. Konsep pembelajaran seperti ini dinilai cespleng untuk menyelenggarakan pendidikan di saat pandemi. Bahkan Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Tengah menganjurkan sekolah lain untuk melakukan pelatihan serupa.

Kegiatan ini sudah dimulai sejak tanggal 10 Juni kemarin. Memang ada rangkaian-rangkaian kegiatan selanjutnya. Dipandu oleh trainer dari SMAN 1 Lasem sendiri. Yang sudah mengikuti Training of Trainer (TOT) yang diselenggarakan Microsoft Indonesia sejak 2016 sampai 2020. Selain itu, juga dipandu oleh trainer yang mengikuti program Guru Inovatif 2020.

Koordinator trainer yang juga pegiat literasi Rembang, Imron Wijaya mengatakan, konsep pembelajaran daring atau PPJ sebenarnya tidak harus menggunakan aplikasi rumit. Atau memberikan tugas seabrek kepada siswa. Sehingga, membuat beban siswa dan orang tua bertambah berat pula.

Pada kompetensi tertentu, kata dia, siswa cukup membuat suatu permasalahan dan menyelesaikan secara bersama-sama melalui suatu aplikasi yang mudah digunakan oleh guru.

“Melihat kondisi Rembang seperti ini, membuat SMA Negeri 1 Lasem membuat terobosan dengan konsep pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi Teams. Beberapa hari ini tim Kami juga membimbing sekolah-sekolah di Kabupaten Rembang,” tuturnya.

Kasi SMA Cabang Dinas Wilayah III, Haryanto, mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena bisa menjadi antisipasi PPJ di sekolah sampai diperbolehkannya siswa masuk sekolah kembali. Pihaknya menyarankan SMA di wilayah III untuk melakukan Bintek sejenis. Sebagai antisipasi pandemi Covid-19. ”Kami sangat mendukung dan mensupport Bintek PPJ yang dilaksanakan SMAN 1 Lasem sebagai persiapan menuju tatanan baru”ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Lasem Santosa mengungkapkan, bahwa Bintek PPJ ini juga diikuti beberapa SMA di kabupaten lain. Harapannya, sekolah-sekolah tersebut juga mengimplementasikan Pemanfaatan Integrasi Office 365 dalam PJJ bulan Juli nanti. ”Kami siap berbagi dengan sekolah lain untuk persiapan menuju tatanan kehidupan yang baru,” tambahnya.

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia