alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi
Rapat Anggota Tahunan KSPPPS BMT Bus Lasem

Perkuat Manajemen Masjid hingga Sekolah

25 Juni 2020, 10: 53: 42 WIB | editor : Ali Mustofa

KOMITMEN: Ketua KSPPS BMT BUS Abdullah Yazid menandatangani kerja sama dengan pihak masjid Jami Lasem hingga sekolah Islam di Rembang kemarin.

KOMITMEN: Ketua KSPPS BMT BUS Abdullah Yazid menandatangani kerja sama dengan pihak masjid Jami Lasem hingga sekolah Islam di Rembang kemarin. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG Gerakan Ekonomi Islam KSPPPS Baitul Mal wa Tanwil (BMT) Bina Umat Sejahtera (BUS) mengarah ke ranah pengelolaan keuangan pendidikan dan masjid. BMT yang berkantor pusat di Lasem ini menggandeng dua sekolah Islam favorit di Kota Garam. Serta Masjid Jami Lasem dalam bekerja sama.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kemarin digelar dengan suasana berbeda dengan tahun sebelumnya. Tentu saja perbedaannya dengan berbagai pernak-pernik protokoler kesehatan. Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dari awal, di halaman, orang-orang yang masuk di cek suhu. Begitupun saat menggelar rapat di aula. Duduk mereka berjarak. Sebagian wajah tertutup masker.

SEMANGAT BARU: Ketua KSPPS BMT BUS Abdullah Yazid memberikan sambutan saat RAT KSPPS BMT Bus Lasem kemarin.

SEMANGAT BARU: Ketua KSPPS BMT BUS Abdullah Yazid memberikan sambutan saat RAT KSPPS BMT Bus Lasem kemarin. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Meski demikian, semangat menggerakkan ekonomi umat islam Islam masih terjaga. Ketua Pengurus KSPPS BMT BUS Abdullah Yazid menilai, pandemi ini merupakan ajang untuk instropeksi. Mengingat dosa. ”Minimal dosa kita tidak bernahi munkar,” ujarnya.

Maka, lanjut dia, harus meminta ampun kepada Allah. Dan, berkonsolidasi membangun ukhuwah.  Sadar untuk menghadapi musuh. Yang dalam konteks yang ia sampaikan, maksud dari musuh itu adalah kemiskinan dan kebodohan.

BMT BUS sendiri sudah merancang strategi. Ada dua model. Pertama, kerja sama antara BMT Bus dengan Masjid Jami Lasem. Dalam pengelolaan keuangan masjid. Kedua, bekerja sama dengan dua sekolah swasta Muslim di Rembang. Yakni SMK Nahdlatul Ulama (NU) Lasem dan SMK Muhammadiyah Rembang. Yang juga bekerja sama dalam pengelolaan keuangan.

JAGA JARAK: Kegiatan RAT KSPPPS BMT Bus Lasem digelar dengan standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaraan Covid-19.

JAGA JARAK: Kegiatan RAT KSPPPS BMT Bus Lasem digelar dengan standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaraan Covid-19. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Sebelumnya, BMT BUS sudah menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Lamongan. Bahkan pembayaran mahasiswa langsung membayar ke BMT BUS. Jika program ini berhasil, tentunya, akan berkembang kerja sama dengan lembaga muslim lainnya.

Selain itu, pengembangan UMKM juga menjadi perhatian. BMT BUS memiliki baitul mall yang punya divisi sektor riil. Sasarannya ke depan adalah mengembangkan petani dan peternak. ”Akan terus kami kembangkan,” ujarnya. Saat ini sudah ada outlite untuk memasarkan hasil-hasil pertanian tersebut. Tujuannya untuk pemerataan.  Agar perkembangan ekonomi tak dinikmati segelintir orang saja,” imbuhnya.

(ks/vah/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia