alexametrics
Sabtu, 04 Jul 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Tak Bisa Online, Orangtua Calon Siswa Titip Berkas PPDB ke Guru

11 Juni 2020, 11: 59: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

Eny Rubiyanti, Guru SMPN 1 Bogorejo, Blora

Eny Rubiyanti, Guru SMPN 1 Bogorejo, Blora (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA, Radar Kudus – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP hingga kemarin sebenarnya belum dibuka. Namun, sejumlah sekolah mengaku sudah menerima berkas calon siswa menyusul sudah berakhirnya tahun pelajaran 2019-2020 untuk jenjang di bawahnya.

Salah satunya yakni di SMPN1 Bogorejo. Mengingat banyak calon siswa yang tinggal di area susah sinyal internet, orangtua calon siswa banyak yang menitipkan berkas registrasi PPDB ke guru terdekat.

Eny Rubiyanti, salah satu guru di SMPN 1 Bogorejo mengungkapkan, link resmi pendaftaran daring (online) dari Dinas Pendidikan Blora hingga kemarin belum di-launching. Namun, karena antusias untuk melanjutkan studi, puluhan calon peserta didik sudah “booking” kursi.

”Anak-anak SD itu kan mungkin ingin segera masuk sekolah. Ya kami terima saja datanya. Memang tujuannya untuk menerima siswa baru. Takutnya siswanya bingung, jadi kami terima saja,” kata Eny kemarin.

Eny mengaku menerima curhatan dari orangtua calon peserta didik yang kesulitan mengakses internet. Karena itulah, kebijakan menerima berkas sementara ini dilakukan untuk menampung para calon peserta didik. Tercatat, sudah ada sekitar 30 calon peserta didik yang menitipkan berkas.

”Intinya kami hanya agar anak-anak itu ayem (lega). Berkasnya itu juga hanya KK (kartu keluarga) dan akte (kelahiran) saja. Nilainya juga belum ada, kan SD belum pengumuman. Kami mau nolak anak tidak enak juga. Makanya didata saja,” tambahnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Endang Rukmiati mewakili Kepala Dinas Pendidikan Hendi Purnomo menyampaikan tahun ajaran 2019/2020 akan berakhir pada 20 Juni 2020 dengan penyerahan buku laporan hasil belajar/rapor oleh para guru kepada orang tua/wali murid di rumah masing-masing. Tentu dengan memperhatikan protokol kesehatan yang selama ini berlaku.

”Teknisnya guru menyampaikan pengumuman kelulusan melalui whatsApp orangtua atau wali murid atau menyampaikan langsung ke rumah dengan berpedoman pada protokol kesehatan,” jelasnya.

Sedangkan libur akhir tahun pelajaran 2019/2020 untuk jenjang PAUD, SD dan SMP dimulai tanggal 22 Juni 2020 hingga 11 Juli 2020. Sementara itu untuk pengumuman kelulusan kelas 6 jenjang SD akan dilaksanakan 15 Juni 2020, secara serentak pukul 09.30 wib.

Untuk jadwal pendaftaran peserta didik baru (PPDB) TK/SD pada 29 Juni 2020 hingga 4 Juli 2020 dan pengumuman 6 Juni 2020. Sedangkan untuk PPDB SMP tanggal 29 Juni 2020 hingga 1 Juli 2020 dan pengumuman 3 Juli 2020. Jenjang TK/SD melalui whatsApp ke narahubung sekolah. Sedangkan SMP daring via laman siapppdb.blorakab.go.id.

”Pada 13 Juli 2020 merupakan tahun pelajaran baru, tetapi bukan berarti kegiatan belajar mengajar tatap muka. Metode belajar akan tergantung kondisi perkembangan daerah masing-masing,” terangnya.

(ks/ful/mal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia