alexametrics
Jumat, 10 Jul 2020
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Buat Karya dari Tanaman Sekitar

10 Juni 2020, 09: 21: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

Nunung Windiani

Nunung Windiani (Dok. Pribadi)

Share this      

DI tengah pandemi saat ini, justru membuat orang berpikir kreatif. Salah satunya Nunung Windiani. Banyak waktu di rumah, membuatnya menggali ide baru untuk pengembangan usahanya. Salah satunya, berkarya dengan tanaman di sekitar tempat tinggalnya.

Dara yang tinggal di Desa Kawak, Kecamatan Pakisaji, Jepara, ini menceritakan, dia yang menekuni usaha batik Jepara bertahun-tahun berupaya membuat inovasi baru. Sejak 2016 lalu, dia mulai menjajal pewarnaan alam dengan beberapa jenis tanaman.

Hal tersebut memberi sentuhan berbeda pada batik yang dibuatnya. ”Harga jualnya lebih tinggi juga kalau pakai warna alam,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Terbaru, perempuan yang akrab disapa Windy ini menuturkan, dia mempercantik kain dengan membuat ecoprint dengan pewarna alam. ”Saya memanfaatkan daun-daunan dari sekitar rumah,” ungkapnya.

Aktivitas tersebut dikatakan pemilik Enwin Batik Jepara itu, menjadi keseruan tersendiri di tengah kondisi saat ini. ”Memang beda dengan proses membatik yang biasanya saya lakukan. Namun seru belajar hal baru. Hasilnya juga sudah mulai ada progres semakin baik dari hari ke hari,” imbuhnya. 

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia