alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Tutup Ramadan, Masyarakat Tionghoa Lasem Berbagi untuk Masyarakat

22 Mei 2020, 10: 06: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

BEREMPATI: Masyarakat Tionghoa Lasem menyerahkan sembako bagi warga yang terdampak korona di klenteng di Kelenteng PO An Bio Lasem, kemarin.

BEREMPATI: Masyarakat Tionghoa Lasem menyerahkan sembako bagi warga yang terdampak korona di klenteng di Kelenteng PO An Bio Lasem, kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus - Keragaman budaya masyarakat Lasem patut diacungi jempol. Hal ini ditunjukan rasa saling berbagi di tengah pandemi Covid-19. Sebagai penutup bulan suci Ramadan masyarakat Tionghoa Lasem ikut berempati dengan menggelar aksi sosial membagikan ratusan paket sembako pada masyarakat.

Paket sembako, berupa beras dan minyak goreng. Dibagi tiga hari berturut-turut. Terhitung mulai Kamis sampai Sabtu (21-23/5) di sejumlah kelenteng di Lasem. Aksi ini di gagas Yayasan TITD (Tempat Ibadah Tri Darma) Tri Murti Lasem. Kerja sama PSMTI ( Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia), HUANG Indonesia, dan Pawala (Perkumpulan Warga Lasem).

Di putaran pertama Tempat Ibadah Tri Dharma Tri Murti Lasem, bersama Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia. Dipusatkan di Kelenteng PO An Bio Lasem (21/5) untuk Warga Karangturi dan sekitarnya.

Putaran kedua (22/5) TITD bersama  Marga HUANG Indonesia membagikan beras dan minyak di Kelenteng Gie Yong Bio, Babagan Lasem. Targetnya untuk diberikan warga Desa Babagan dan sekitarnya.

Putaran ketiga (23/5) kerja sama perkumpulan warga Lasem. Memberikan bantuan sembako, berupa beras dan minyak di Kelenteng Tjoe An Kiong. Targetnya untuk warga desa Soditan dan sekitarnya.

Pembina Yayasan Tempat Ibadah Tri Dharma Tri Murti Lasem sekaligus penggagas baksos peduli Covid-19, Ir. Rudy Hartono menyampaikan kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan jauh hari yang lalu. Dengan membagikan langsung ke warga masing-masing, ke pondok pesantren, Panti Asuhan, dan warga sekitar yang kurang mampu.

”Total dari Pembagian Sembako ini ada 800 paket yang diberikan. Berharap bisa membantu masyarakat sekitar,” harapannya.

Rudy menambahkan PT Laut Bonang Lasem, Oemah Batik Lasem, dan Rumah Merah Lasem juga mengeluarkan bantuan serupa. Diserahkan lingkungan sekitar warga yang terdampak Covid 19. Sebagai wujud kepedulian untuk warga Lasem.

“Sasarannya lebih luas. Dari ponpes, tukang becak, panti asuhan serta warga sekitar yang ada di jalan. Meskipun tidak banyak. Harapannya bisa meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia