alexametrics
Sabtu, 06 Jun 2020
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Bupati Sri Sumarni Apresiasi Warga Bayar Zakat di Rumah

22 Mei 2020, 09: 54: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

BERIKAN APRESIASI: Bupati Sri Sumarni meninjau masjid Darul Muttaqin dan warga perumahan Sambak Indah Kelurahan Danyang, Purwodadi, yang telah lakukan protokoler social distancing.

BERIKAN APRESIASI: Bupati Sri Sumarni meninjau masjid Darul Muttaqin dan warga perumahan Sambak Indah Kelurahan Danyang, Purwodadi, yang telah lakukan protokoler social distancing. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN, Radar Kudus - Bupati Sri Sumarni memberikan apresiasi kepada warga Perumahan Sambak Indak, Kelurahan Danyang, Kecamatan Purwodadi. Warga tersebut telah melakukan protokoler social distancing dalam kehidupan setiap hari dan pelaksanaan ibadah di masjid Darul Muttaqin.

Salah satunya dalam pelaksanaan pembagian zakat fitrah oleh warga. Pelaksanaannya dilakukan di rumah masing-masing. Pengambilan dilakukan oleh panitia mendatangi setiap rumah. Hal itu, untuk menjadikan warga tetap di rumah dan tidak berkerumun di masjid.

”Saya berikan apresiasi kepada warga perumahan Sambak Indah karena sudah menerapkan social distancing. Ini jadi percontohan dari pembayaran zakat. Bisa dilakukan di rumah dan takbir keliling dan salat Id di rumah saja,” kata Bupati Sri Sumarni usai meninjau masjid dan keliling perumahan bersama Kapolres AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dan Dandim 0717 Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta.

Takmir masjid Darul Muttaqin Budiyono mengatakan, pengambilan zakat ke rumah warga menindaklanjuti adanya pandemi Covid-19. Warga harus berdiam diri di rumah untuk menekan angka penularanya.

”Kami buat panitia zakat dan mereka ambil ke rumah masing-masing dan tidak perlu datang ke panitia zakat fitrah di masjid,” kata Budiyono.

Dikatakan, proses pengambilan zakat fitrah tersebut dilakukan di 14 RT dari RW 6,7 dan 9 setempat. Jumlah warga yang mengumpulkan zakat ada 550 warga dan ditargetkan Sabtu pagi (23/5) selesai untuk penarikan ke rumah warga.

”Jadi Sabtu malam pas Idul Fitri beras zakat fitrah sudah bisa dibagikan 700 paket untuk fakir miskin dan warga yang membutuhkan dan dibagikan oleh lima tim panitia,” ujarnya.

Selain membentuk panitia zakat fitrah, masjid Darul Muttaqin juga menggelar santunan anak yatim pada Selasa 19 mei 2020. Yaitu dengan membagikan kepada 51 anak yatim. Setiap anak mendapatkan uang Rp 1 juta dari dermawan dan dapat ambahan lagi dua donatur secara pribadi.

”Untuk pelaksanaan di masjid kami gunakan protokoler covid-19. Harus memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak,” terang dia.

(ks/mun/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia