alexametrics
Sabtu, 06 Jun 2020
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Kepincut Prospek Sektor Agroteknologi

22 Mei 2020, 07: 55: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

Delfina Zudith Alifia

Delfina Zudith Alifia (DOK PRIBADI)

Share this      

AGROTEKNOLOGI menjadi jurusan yang dipilih Delfina Zudith Alifia. Gadis yang akrab disapa Delfina ini, ingin menekuni teknologi pertanian modern dengan berbagai cara yang lebih efektif untuk memudahkan petani. Dengan begitu, ia dapat berkontribusi mengembangkan sektor pertanian di Indonesia.

Ia mengaku berasal dari desa dan rumahnya dekat dengan sawah. Dengan masuk di jurusan tersebut, warga asli Desa Sembaturagung, Kecamatan Jakenan, Pati, ini ingin mengembangkan pengetahuannya di dunia pertanian modern. Terlebih sebenarnya prospek di bidang itu cukup baik jika dikembangkan. Apalagi saat ini sudah jarang pemuda yang terjun di dunia pertanian.

Menurut Delfina, ia masuk pada jurusan tersebut pada seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) UPN Jogjakarta. Jurusan itu menjadi pilihannya kedua. Pilihan pertama teknik geofisika. Namun alumni SMAN 1 Jakenan ini masuk di pilihan kedua agroteknologi, karena ada kakak kelas di jurusan tersebut. 

”Kalau ada kakak kelas itu kan enak kalau ingin berbagi. Sekarang saja sambil menunggu kuliah masuk, saya sudah minta file mata kuliah sama kakak kelasku yang sejurusan. Kadang saya pelajari sendiri. Terus nyari referensi juga tentang buku-buku agrotek. Kalau nggak ada ya nyari referensi di internet,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Selain mempelajari buku tentang agroteknologi, dirinya kini juga ingin memanfaatkan waktunya mencari pekerjaan supaya punya tabungan dan mengisi waktu luangnya. Sebab, masuk kuliah normal pada Agustus nanti. Karena ada korona, dara kelahiran Pati, 17 Juli 2002 ini tidak tahu pasti kapan masuk kuliah.

”Supaya mandiri saja. Nanti pengen belajar sama kerja kalau bisa. Biar punya pengalaman lebih banyak. Juga tidak kaget dengan dunia kerja kalau sudah lulus kuliah nanti,” tutur anak semata wayang ini.

(ks/put/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia