alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarkudus
Home > Ambyar
icon featured
Ambyar

Demi (Harta) Nyai Lepas Pujaan Hati

22 Mei 2020, 07: 23: 09 WIB | editor : Ali Mustofa

Demi (Harta) Nyai Lepas Pujaan Hati

ENTAH apa isi kepala Agus (bukan nama sebenarnya) saat itu. Dia tiba-tiba meninggalkan pujaan hatinya. Padahal mereka sudah bertunangan. Lalu merencanakan pernikahan pada tahun depan.

Lelaki yang bekerja serabutan ini, malah kepincut dengan seorang janda beranak dua. Namanya Suti (nama samaran). Tiap hari bisa dua kali Agus menyambangi rumah Suti yang tidak jauh dari lapangan sepak bola itu.

Kadang pagi sebelum kerja. Kadang siang hari saat jam istirahat. Begitu terus. Sampai-sampai tunangannya, Putri (nama ganti) menyerah. Dia sudah merelakan Agus. Dia tak ingin ambil pusing.

”Biar saja kepincut janda. Saya tidak rugi, bisa dapat lelaki lain yang jauh lebih baik dari dia,” kata Putri mengomentari gosip ibu-ibu di sekitar rumahnya di sela-sela belanja sayur pada suatu pagi.

Belakangan, Agus semakin berani mendekati Suti. Selain mampir ke rumah, Agus juga sesekali membawa oleh-oleh untuk sang janda. Mulai dari mainan untuk anak-anak Suti yang masih kecil hingga kain untuk Suti sendiri.

Tidak jarang, Agus juga dengan suka rela membantu pekerjaan Suti di sawah. Dia bekerja tanpa mau menerima upah. Dia kadang mencangkul, kadang bersih-bersih kebun. Suti memang dikenal janda kaya. Warisan tanahnya luas. Dari warisan orang tuanya sendiri ditambah tanah dari almarhum suaminya.

Agus mengaku memang sengaja lebih memilih memutuskan tunangannya dulu. Dia kepincut dengan Suti. Agus terang-terangan mengakui kepincut orangnya, juga hartanya.

”Ya begitulah kelakuan Agus. Akal bulusnya ada-ada saja. Dia yang cuma buruh tani memang mengincar Suti supaya bisa dapat tanah. Kan lumayan janda kaya, masih seumuran juga sama Agus. Memang untung dan cerdik anak itu,” kata Mbah No (bukan nama sebenarnya) tetangga Suti. 

(ks/aua/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia