alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Bantuan Sosial Pangan Warga Terdampak Covid-19 Dikirim via Kantor Pos

29 April 2020, 15: 36: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

JADI MITRA: Kantor Pos di Jalan Pantura yang bakal bertanggung jawab menyalurkan bansos BST kepada warga yang terdampak Covid-19.

JADI MITRA: Kantor Pos di Jalan Pantura yang bakal bertanggung jawab menyalurkan bansos BST kepada warga yang terdampak Covid-19. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus – Penyaluran bansos bagi warga yang terdampak covid-19 dalam waktu dekat ini segera disalurkan. Sesuai rencana bantuan dari kemensos tersebut, disalurkan melalui Kantor Pos, sesuai by name by addres.

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Keluarga Berencana (Dinsos PPKB) saat ini masih menunggu release terakhir dari Kemensos. Kaitanya dengan bantuan sosial tunai (BLT). Karena data harus valid. Supaya tepat sasaran. Jika ada yang terlewat diketahui akan menjadi ranah APBD Provinsi dan kabupaten. Sehingga semua tercover. Untuk itu, masyarakat diharapkan bisa  sabar. Meskipun disisi lain masyarakat butuh ditengah pandemik Covid-19.

Kepala Dinsos PPKB Kabupaten Rembang Sri Wahyuni didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial, Nasaton Rofiq saat dikonfirmasi menyampaikan soal gambaran bantuan. Rembang mendapatkan bantuan sosial dari Kemensos. Pertama dari BSP (bantuan sosial pangan) atau dikenal BPNT.

”KPM regular di Rembang sejumlah 61.050 KPM. Ini sudah berjalan. Karena ada dampak covid, Rembang dapat tambahan BSP kuota dengan sama regular,” keteranganya.

Untuk BSP tersebut waktunya April sampai bulan Desember. Besaranya Rp 200 ribu. Direncanakan awal kartu dan buku tabunganya akan diberikan. Tanpa melanggar protokol kesehatan covid. Terkait BSP  perluasan dari kementrian sosial kemarin dibahas.

Kaitanya bagaimana dengan distribusinya kartu dan buku tabungan. Belum ada titik temu. Karena satu sisi dilarang mengumpulkan masa. Titik lain disampaikan calon KPM penerima baksos bantuan pangan. Mudah-mudahan segera ada titik temu.

”Selain BSP, Rembang juga mendapatkan bantuan sosial tunai (BST). Nilainya Rp 600 ribu. Hanya tiga bulan terhitung April, Mei dan Juni,” katanya.

Rembang mendapat kouta 18.845. Karena dampak covid luar biasa Bupati Rembang mengajukan tambahan kuota. Usulan disetujui. Jumlahnya 17.640. Karena data non DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) makanya harus diproses verifikasi dan validasi (verval).

Saat ini sudah rampung mengirimkan data tersebut. Sejumlah kuota yang telah disetujui diatas besaranya 36.485. Khusus ini tengah on proses. Karena data tersebut harus dipadupadankan di Aplikasi SIKS-NG Kemensos.

”Untuk yang pangan penyaluran tetap lewat e-warong. Khusus yang BST tunai, kalau sudah clear distribusi sudah dijalin komunikasi baik dengan kantor pos,” paparanya.

Mekanisme untuk yang tunai akan disampaikan lewat kantor pos. Langsung ke alamat penerima bersangkutan. Kalau Kementrian sudah clear, baru di-breakdown untuk APBD Provinsi, Kabupaten dan Dana Desa. Supaya tidak tumpang tindih. Jangan sampai kepala keluarga terima dobel.

Ketua Paguyuban Kades Se-Kabupaten Rembang, Jidan menyampaikan baksos yang bersumber dari kemensos setiap desa berbeda. Rata-rata mendapatkan dengan angka relatif 20-30-40 sampai 100 penerima.

”Pos dapat data dari Kemensos. Untuk by name by adres belum muncul. Cuma NIK dan jumlahnya yang baru muncul,” katanya.

Terkait belum munculnya by name by address tidak tahu persis. Tetapi kalau sudah ada NIK, minta bantuan desa bisa diketahui. Tentu harus ditata rapi dahulu. Kemudian dikomunikasikan dengan  baik supaya tidak tumpang tindih dan kesimpangiuran.

Karena ketika kemensos langsung dibagikan. Sementara BLT dana desa belum dibagikan. Nanti akan timbul dampak kecemburuan yang luar biasa. Paling tidak terpautnya sehari. Antara lebih dulu BLT dana desa ataupun sebaliknya.

”Untuk hari Selasa ini belum cair. Kemungkinan pekan ini baru ada realisasi. Jadi tetap diusahakan di akhir April, mentoknya awal Mei,” imbuhnya.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia