alexametrics
Rabu, 03 Jun 2020
radarkudus
Home > Ambyar
icon featured
Ambyar

Gagal Nikahan, Totalan Kemudian

28 Maret 2020, 11: 23: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

Gagal Nikahan, Totalan Kemudian

EMPAT tahun sudah Surya (nama samaran) dan Tutik (bukan nama sebenarnya) berpacaran. Di tahun ketiga mereka tunangan. Setelah tunangan mulai timbul kesalahpahaman di antara keduanya. Masalah itu berlangsung setahun lamanya. 

Keluarga Surya menyodorkan hari baik pelaksanaan pernikahan kepada keluarga Tutik. Ternyata keluarga Tutik punya alternatif lain. Mundur beberapa bulan dari hari yang ditentukan keluarga Surya. Sebab, Tutik punya kakak laki-laki yang belum menikah.

Jika pernikahan Surya dan Tutik dilaksanakan dari usulan keluarga Surya, istilahnya melangkahi kakaknya Tutik. Keluarga Tutik tidak berkenan. Sementara keluarga Surya bersikukuh tetap dengan usulan yang pertama.

Masalah hari merembet pada hubungan Tutik dan Surya. Mereka jarang bertemu. Jarang berkomunikasi. Akhirnya dari pihak keluarga Tutik berinisiatif mendatangi keluarga Surya atau nyelehke. Yang berarti membatalkan pertunangan. Setelah disepakati, Surya mengatakan karena sudah batal, apa yang diberikan kepada Tutik minta dikembalikan.

Cincin tunangan pun dikembalikan. Tak ingin menanggung beban ucapan Surya, keluarga Tutik menyuruhnya untuk menotal barang apa saja yang diberikan. Supaya bisa dikembalikan. Pernah suatu ketika, Surya memberikan rak buku kepada Tutik.

Ketika disampaikan kepada Surya niatan mengembalikan barang, tak hanya cincin justru Surya mengambil kesempatan itu. Ia menyebutkan nominal untuk mengganti total harga rak buku yang ia berikan. Sontak keluarga Titik mengelus dada. Seluruh biaya itu akhirnya diberikan supaya tidak berkepanjangan di kemudian hari. Batal nikahan, totalan kemudian.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia