alexametrics
Rabu, 03 Jun 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Mobil Water Canon dan Damkar Semprot Desinfektan ke Jalan di Kudus

27 Maret 2020, 14: 35: 52 WIB | editor : Ali Mustofa

SEMPROT DESINFEKTAN: Petugas menyemprotkan cairan desinfektan di kawasan makam Sunan Kudus area masjid Al Aqso dan Menara Kudus untuk mencegah mewabahnya virus korona kemarin.

SEMPROT DESINFEKTAN: Petugas menyemprotkan cairan desinfektan di kawasan makam Sunan Kudus area masjid Al Aqso dan Menara Kudus untuk mencegah mewabahnya virus korona kemarin. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus - Personel gabungan Polres, Kodim 0722, Satpol PP, dan BPBD Kabupaten Kudus melakukan sterilisasi sejumlah jalan dan fasilitas umum di Kota Kretek kemarin. Sterilisasi dilakukan dengan menyemprotkan cairan disinfektan dengan mengerahkan kendaraan water canon dan pemadam kebakaran.

Penyemprotan ini dimulai dari kawasan alun-alun Simpang Tujuh Kudus, kemudian kawasan Jalan Jendral Sudirman, Pasar Kliwon, kawasan Balai Jagong, Jalan Ahmad Yani dan kembali ke kawasan Alun-alun Kudus.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, sterilisasi penyemprotran di jalan dan fasilitas umum ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Melihat perkembangan, penyebaran virus tersebut semakin hari kian parah. Di Kudus sendiri tercatat hingga kemarin jumlah orang dalam pemantauan (OPD) ada 125 orang. Dan Pasien dalam pengawasan (PDP) ada 22 orang.

“Semua harus mewaspadai terhadap penyebaran virus korona ini. Jangan sampai penyebaran virus ini semakin meluas. Penyemprotan ini agar jalan-jalan dan fasilitas umum steril,” ujar Hartopo saat memberikan imbauan kepada warga yang ada di Pasar Kliwon Kudus.

Bersama dengan Forkopimda Kudus, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah untuk social distancing. Tidak hanya itu, Hartopo juga mengajak seluruh warga di Kudus untuk tetap menjaga kesehatan. Selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan tubuh. Dengan begitu, dia berharap di Kudus tidak ada warga yang terpapar dengan virus Corona itu.

“Kita semua harus menjaga kebersihan. Selalu mencuci tangan pakai sabun. Sementara jika tidak mendesak jangan keluar dulu. Kalau perlu setiap habis keluar rumah, begitu pulang harus mandi. Baru kemudian pegang anak dan lainnya,” kata dia.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengungkapkan, untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran virus korona pihaknya mengimbau kepada warga untuk sementara waktu tidak berada di kerumunan. “Karena penyebaran virus ini sangat cepat sekali. Kalau kita berkerumun terus ini dikhawatirkan virus akan mempermudah masuk di tubuh,” kata Catur.

Guna memutus rantai penularan itu, untuk sementara waktu masyarakat diminta untuk menunda kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang. Jika masyarakat masih nekat, pihaknya tidak segan untuk membubarkan paksa.

“Kami minta kerja sama dari semua pihak. Dan berdoa agar bencana ini segera berakhir,” tandas dia. Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menempelkan maklumat Kapolri di sejumlah fasilitas umum.

(ks/daf/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia