alexametrics
Sabtu, 28 Mar 2020
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Dianggarkan Rp 18 Miliar, Lelang Proyek Tambat Kapal Juwana Rampung

26 Maret 2020, 14: 37: 03 WIB | editor : Ali Mustofa

DILANJUTKAN: Pembangunan area dermaga tambat kapal Juwana dilanjutkan 2020 ini dengan anggaran Rp 18,8 miliar.

DILANJUTKAN: Pembangunan area dermaga tambat kapal Juwana dilanjutkan 2020 ini dengan anggaran Rp 18,8 miliar. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus - Proyek Pembangunan dermaga tambat kapal Juwana 2020 ini dilanjutkan dengan anggaran Rp 18,8 miliar. Proyek multiyears tersebut saat ini prosesnya sudah selesai lelang. Pekerjaannya akan segera dilaksanakan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Edy Martanto menjelaskan, tender proyek itu baru saja selesai lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pati pertengahan Maret ini. Harapannya bisa segera dikerjakan dalam waktu dekat. Peralatan pekerjaan kini juga tengah disiapkan.

“Pekerjaan proyek langsung ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR). Dengan anggaran Rp 18,8 miliar itu, untuk beberapa fasilitas seperti pembuatan seet pile, penambahan akses jalan, hingga penerangan jalan. Sebelumnya pembangunan akses jalan sudah selesai. Pengerukan lokasi juga sudah dilakukan tahun lalu,” jelasnya.

Sementara itu untuk pekerjaan tahun ini, difokuskan untuk sarana prasarana di area industri kapal. Seperti penambahan akses jalan dan penerangan jalan di lokasi diutamakan terlebih dahulu. Selain itu pekerjaan penting yakni pembuatan seet pile di lokasi tambat kapal untuk memperkuat batas area kolam dan industri.

Menurutnya, untuk mewujudkan pembangunan dermaga Juwana dilaksanakan bertahap karena membutuhkan anggaran sangat besar. Untuk membebaskan lahan dan memperbaiki akses saja, anggarannya puluhan miliar, Belum termasuk pembangunan dermaga dan fasilitas di dalamnya.

“Anggaran terbatas tak membuat pembangunan berhenti. Setiap tahun pemkab menganggarkan. Sehingga nantinya bisa terwujud dermaga kapal Juwana yang representatif. Sebab saat ini kondisi parkir kapal di sepanjang Sungai Juwana semakin semrawut. Dengan dibangunnya dermaga Juwana ini, bisa memuat banyak kapal dan menggeliatkan industri perikanan di Juwana,” jelasnya.

Sebab, nantinya proyek dermaga kapal Juwana untuk dua area yakni kolam untuk tambat kapal dan area industri perikanan. Di area industri perikanan akan dilengkapi Tempat Pelelangan Ikan (TPI), cold storage, kantor pengelolaan, kios, hingga pengisian bahan bakar kapal.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia