alexametrics
Sabtu, 28 Mar 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Kerjakan US di Rumah, Siswa SMK Kesulitan Login, Kenapa Bisa Begitu?

24 Maret 2020, 09: 36: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

Kerjakan US di Rumah, Siswa SMK Kesulitan Login, Kenapa Bisa Begitu?

PATI, Radar Kudus - Dampak Covid-19 membuat siswa SMK mengerjakan ujian sekolah (US) dari rumah masing-masing. Pelaksanaan US SMK di Pati mulai Jumat (20/3) hingga Selasa (31/3) ini. Ada 18 mata pelajaran yang diikuti siswa sesuai dengan jurusannya. Pelaksanaan US sekolah lancar meskipun hari pertama ada siswa yang kesulitan logging.

Kepala SMKN 1 Pati Pramuhadi Kuswanto menjelaskan, US SMK sudah dilaksanakan tujuh hari mulai Jumat (20/3). Pengerjaan US dilaksanakan di rumah masing-masing secara mandiri. Untuk aplikasi yang digunakan sama seperti waktu penilaian akhir semestr (PAS), penilaian akhir tahun (PAT), dan try out. 

“Semua siswa sudah kami beri pengertian. Mulai dari daftar hadir sampai pelaksanaan. Untuk daftar hadir memakai GPS. Kami bisa memantau anak dari GPS itu sehingga anak tidak bisa berkelompok. Kami berharap siswa dapat mengerjakan dengan jujur,” jelasnya kemarin.

Menurutnya, pelaksanaan US di rumah masing-masing baru kali pertama ini. Untuk itu pada hari pertama ada siswa yang tidak logging dan empat siswa logging namun tidak mengerjakan. Itu pada sesi pertama mapel Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Sedangkan untuk sesi kedua mapel PPKn dan hari kedua US kemarin (23/3) berjalan lancar.

“Pada hari pertama ada siswa yang kesulitan logging karena masih menyesuaikan. Seperti empat siswa yang sudah logging namun tidak mengerjakan itu saat mengakses soal mengalami kendala sampai batas waktu habis. Kami memaklumi karena tidak semua siswa akses internetnya memadai,” kata Pramuhati.

Bagi siswa yang gagal di mapel pertama diberikan kesempatan mengulang setelah pelaksanaan mapel kedua selesai. Wali kelas dilibatkan untuk kegiatan itu. Sehingga siswa bisa langsung menghubungi wali kelas masing-masing apabila ada kesulitan.

Salah satu siswa SMK di Pati Nabilla mengaku mengerjakan US dari rumah sempat membuatnya was-was karena ini kali pertama ini siswa mengerjakan ujian dari rumah. Selain itu, Billa mengalami kendala server karena tinggal di kecamatan. Meski demikian, ia bisa mengerjakannya. “Memang harus memperkuat jaringan internet di rumah. Saya memakai hotspot seluler karena tidak mempunyai Wifi di rumah. Semoga bisa mengerjakan lancar sampai selesai” katanya.

(ks/put/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia