alexametrics
Sabtu, 28 Mar 2020
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Ujian Sekolah lewat Youtube, UNBK dan Unas Tak Jelas

23 Maret 2020, 09: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Ujian Sekolah lewat Youtube, UNBK dan Unas Tak Jelas

REMBANG, Radar Kudus - Ujian sekolah (US) secara online digelar beberapa sekolah di Rembang hari ini. Untuk platform pelaksanaan diserahkan kepada masing-masing sekolah. Ada sekolah yang menggunakan Youtube, Google Form, dan aplikasi lain.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19, pemerintah membuat keputusan agar kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah diganti belajar di rumah. Sementara US tingkat SMA/SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng memberikan opsi secara online.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Wilayah III Sunoto menyampaikan, opsi ujian online ini tak dilaksanakan serentak di semua SMA/SMK. Untuk SMK dilaksanakan hari ini. Ada juga yang sudah mulai Jumat (20/3). ”Untuk SMK diberi opsi dilaksanakan besok (hari ini, Red). Untuk SMA ada yang sudah rampung," jelasnya kemarin.

Terkait platform untuk melaksanakan ujian online, pihaknya menyerahkan kepada sekolah masing-masing. Sesuai kemampuan jangkauan, sumber daya manusia (SDM), dan sebagainya. ”Ada yang pakai Edmodo, Google Form, Google Classroom, dan WA. Google Classroome yang terbanyak. Alhamdulillah sebagaian besar lancar," imbuhnya.

Di Rembang, di antara sekolah yang melaksanakan ujian online hari ini SMK Cendekia Lasem. Kepala SMK Cendekia Lasem Gigih Sudarkah mengatakan, pihaknya memberikan tugas secara online. Salah satunya siswa diminta membuat konten. Kemudian di-upload di Youtube.

Selain itu, juga ada beberapa guru yang menggunakan Google Form. ”Jadi, guru mapel biar berkreasi," katanya.

Jadi aplikasi ujian memang berbeda-beda setiap guru. Nantinya, di SMK Cendekia akan mengujikan 13 mapel. Dari jumlah tersebut, ada mapel yang berkolaboratif dengan mapel lain. Ujian sekolah diperbolehkan dengan penugasan, portofolio, dan project kolaborasi.

Jadwal penugasan siswa tersebut diberikan deadline satu pekan. ”Biar mereka (siswa, Red) plan sendiri. Misal ada tiga tugas, dalam sepekan harus mencoba kreatif. Bagaimana tugas sepekan tiga mapel itu selesai," imbuhnya. Untuk jadwal ujian sekolah ini, akan dilaksanakan sekitar 10 hari. Sampai 31 Maret mendatang.

Lain halnya dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK. Hingga saat ini belum ada kejelasan. Siswa kelas XII sembari menunggu jadwal ulang UNBK, ada beberapa sekolah yang melaksanakan US secara online.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK di Kudus Syaiful Hadi menjelaskan, UNBK terkatung-katung. Otomatis, jadwal berubah semua dan mundur. Rencana awal usai UNBK pada Senin (23/3) memasuki US. ”Kebijakan US diambil dari sekolah masing-masing. Tetap siaga kalau suatu saat jadwal UNBK terbit mendadak. Kalau misal UNBK online persiapannya cukup banyak. Tak memungkinkan kalau online di rumah siswa masing-masing. Terutama koneksi server ke pusat. Berbeda kalau sekolah yang menggunakan aplikasi dan siswa diberikan password sudah bisa buka,” terangnya.

Dia menambahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayana (Kemendikbud) saat ini masih menginstruksikan untuk belajar di rumah menggunakan online. (vah)

(ks/san/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia