alexametrics
Sabtu, 28 Mar 2020
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Juara berkat Bonggol Kayu Jati

21 Maret 2020, 16: 08: 57 WIB | editor : Ali Mustofa

Degi Rindia Yani

Degi Rindia Yani (DOK. PRIBADI)

Share this      

KAYU jati yang banyak ditemui di Blora, jadi bahan Degi Rindia Yani untuk membuat karya ilmiah. Sasarannya bonggol kayu jati. Yang biasanya dibuang begitu saja. Bagi Rindi, bonggol kayu jati itu jadi objek penelitian hingga menorehkan juara.

”Dulu pernah juara LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) pas 2017. Tapi, cuma sampai di regional,” aku Rindi.

Judul yang dia pilih dalam LKTI itu yakni peran generasi muda, dalam pemanfaatan bonggol kayu jati sebagai bahan dasar kerajinan di era globalisasi. Rindi mengaku ingin mengangkat tema bonggol kayu yang biasanya hanya dibuang ke tempat sampah saja.

”Biasanya kalau orang bikin kerajinan itu kan akar kayunya jadi limbah. Yaudah aku ambil tema itu. Apalagi di Blora yang paling banyak kan jati,” terangnya.

Saat ini, Rindi merupakan mahasiswa Upgris Semarang. Dia mengambil Jurusan PGSD dan kini berada di semester II. Kesibukan perkulihan berikut tugas-tugasnya membuat Rindi tak lagi rajin biki karya tulis ilmiah.

Tak hanya suka menulis, Rindi juga hobi membaca. Dia memilih membaca novel untuk mengisi waktu-waktu luangnya. Menurutnya, dengan membaca novel, pikiran menjadi lebih fresh dan bisa kembali beraktivitas lain secara lebih baik.

”Paling karya Tere Liye, atau yang aku punya itu karya Mira W,” tutur gadis 20 tahun tersebut. 

(ks/ful/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia