alexametrics
Selasa, 09 Mar 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Hi… Pantai Kranganyar Rembang Jadi Lautan Sampah, Begini Penampakannya

18 Maret 2020, 11: 09: 25 WIB | editor : Ali Mustofa

MENUTUP PASIR : Sampah kiriman sampai menutupi area pantai di Desa Karanganyar, Kragan.

MENUTUP PASIR : Sampah kiriman sampai menutupi area pantai di Desa Karanganyar, Kragan. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus - Pantai Desa Karanganyar, Kragan, jadi lautan sampah. Hal ini sudah menjadi langganan pada musim-musim baratan seperti beberapa hari ini. Pemerintah desa hanya mampu melakukan upaya pembersihan setahun sekali. Itu dilakukan karena keterbatasan anggaran.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus kemarin, di wilayah sepanjang pantai Desa Karanganyar memang dipenuhi sampah. Ada berbagai macam. Mulai plastik hingga kulit durian. Membentang sekitar 80 meter. Juga ada aktivitas beberapa nelayan. Di kapal-kapal yang berjajar. Terparkir di sekitaran pantai itu.

Kepala Desa Karanganyar Sami mengatakan, pihak desa sudah melakukan pembersihan setiap tahunnya. Dengan menyewa alat berat alat berat. "Setelah itu kami bikin kotakan di pinggir pantai," katanya.

Setiap tahun memang sudah dianggarkan untuk penanganan sampah-sampah tersebut. "Memang banyak banget ini (sampah,Red)," imbuhnya. Hal itu dilaksanakan menjelang kegiatan sedekah laut. Yang digelar di desa ini setiap tahunnya.

Penanganan seperti itu dilakukan sejak 2017. Sebelumnya, kata Sami, pihaknya bersama warga setempat tiga kali menyewa alat berat dalam setahun. Hanya saja, saat ini dilakukan setahun sekali. Karena keterbatasan anggaran.

"Itu tidak ada anggaran untuk kebersihan. 2018 saya programkan satu tahun di pinggir pantai. Setelah menjelang adanya pesta laut," imbuhnya.

Sekali sewa alat, lanjut Sami, semua termasuk akomodasi, konsumsi, dan lain-lain minimal menelan Rp 5 juta. Bisa jadi lebih. Menjadi Rp 7 juta sampai Rp 9 juta. "Kami sudah berupaya. Dan itu bukan sampah dari warga Karanganyar," tuturnya.

Sampah-sampah itu sendiri merupakan kiriman dari luar daerah pada musim-musim tertentu. Seperti saat musim timur atau barat. (vah)

(ks/ali/top/JPR)

 TOP