alexametrics
Minggu, 07 Jun 2020
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Sepi Pengunjung, PKL Taman Menara Wadul ke Plt Bupati Kudus

05 Maret 2020, 14: 13: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

SEPI SENYAP: Deretan kios Taman Menara Kudus kosong, ditinggalkan pemiliknya karena sepi dan tidak ada pembeli. Hanya ada lima yang masih bertahan kemarin.

SEPI SENYAP: Deretan kios Taman Menara Kudus kosong, ditinggalkan pemiliknya karena sepi dan tidak ada pembeli. Hanya ada lima yang masih bertahan kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus - Pedagang kaki lima (PKL) Taman Menara wadul Plt Bupati Kudus Hartopo lantaran sepi pengunjung kemarin. Pedagang meminta rute penurunan peziarah diubah dengan melewati kios PKL Menara. Dengan begitu peziarah akan melewati kios pedagang.

Hartopo pun langsung koordinasi dengan Dinas Perhubungan serta Dinas Perdagangan untuk mengatasi keluhan PKL Taman Menara. Sebab dulu memang ada rencana PKL dipindah ke terminal Bakalan Krapyak. Namun pedagang tidak mau dipindah karena jumlah kios yang tersedia terbatas.

”Pada intinya mereka ingin tetap berjualan di area Taman Menara Kudus, tapi peziarah diarahkan untuk melewati kios-kios tersebut. Kami akan tindak lanjuti dan perlu kajian lagi mungkin arah untuk pemberhentian peziarah ditinjau ulang,” ungkapnya.

Berdasarkan kondisi kios yang berada di Taman Menara Kudus, banyak yang tutup. Hanya beberapa pedagang yang berjualan. Salah satunya Dulkharim beberapa hari lalu mengatakan, sudah sepuluh tahun lebih berjualan di sekitar Menara Kudus.

Namun, sejak dibangun taman malah semakin sepi. Bahkan pedagang sering tidak laku. Padahal barang dagangannya tidak bisa bertahan lama.

”Saya jualan 24 jam. Tetapi sehari pendapatan tidak sampai Rp 500 ribu. Bahkan kadang-kadang tidak ada pembeli. Lha peziarah tidak melewati kios. Jadi ya sepi. Teman-teman pedagang banyak yang tutup karena rugi. Sebab tidak ada pemasukan sama sekali,” terangnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan, data yang jumlah PKL Taman Menara Kudus berjumlah 65 pedagang. Namun yang aktif 45 pedagang. Sejak menempati kios tersebut pedagang memang sudah mengeluhkan sepi, tapi untuk mengalihkan peziarah di luar wewenangnya. ”Ya kami upayakan dan koordinasi dengan dinas terkait,” terangnya.

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia