Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Jepara

Sumbat Aliran Air, Sampah di Sungai Sekembu Jepara Akhirnya Dikeruk

14 Februari 2020, 16: 23: 56 WIB | editor : Ali Mustofa

KERUK SAMPAH: Petugas Dinas PUPR tengah mengeruk sampah yang menutup kaki jembatan Sungai Sekembu kemarin.

KERUK SAMPAH: Petugas Dinas PUPR tengah mengeruk sampah yang menutup kaki jembatan Sungai Sekembu kemarin. (FAQIH MANSYUR HIDAYAT/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA, Radar Kudus – Tumpukan sampah yang menyangkut di jembatan Sungai Sekembu dikeruk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kemarin. Pengerukan ini dilakukan lantaran tumpukan sampah menutup aliran air sehingga air di sungai meluap ke pemukiman warga Mulyoharjo. Akibatnya beberapa waktu lalu pemukiman warga sempat tergenang.

Diketahui, beberapa waktu lalu pemukiman warga di Mulyoharjo sempat tergenang. Penyebabnya aliran air tersumbat sampah.

Kepala Dinas PUPR Jepara Ary Bachtiar mengatakan pihaknya sempat meninjau langsung Sungai Sekembu saat air meluap ke pemukiman warga. Sampah-sampah seperti kayu batangan diperkirakan berasal dari kebun warga yang terbawa arus air sungai.

”Kalau hujan tiba, sampah-sampah memang kerap menyangkut di kaki jembatan. Ini yang membuat air sungai mudah meluap,” kata Ary.

Pihaknya berharap, masyarakat ikut menjaga kondisi sungai. Salah satunya dengan tidak membuang sampah di aliran sungai. Sebab, sampah-sampah rumah tangga juga memenuhi jembatan tersebut.

Sementara itu, Komandan Kompi Ang Air Denjasa Ang IV-44-13 Bekangdam IV/Diponegoro Kapten CBA Rohmadi mengaku berdasarkan laporan warga setempat, Sungai Sekembu tersebut terakhir dikeruk dua tahun lalu. Untuk itu, pihaknya berinisiatif meminta bantuan Dinas PUPR agar dilakukan pengerukan.

”Kata warga setempat, dua tahun lalu terakhir dilakukan pengerukan,” terang Rohmadi. (qih)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia