Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Kudus

Disdukcapil Kudus Ajukan 12 Anjungan Mandiri, Ternyata Tujuannya…

14 Februari 2020, 16: 11: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

INOVASI: Kepala Dinas Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko menunjukkan contoh anjungan mandiri. Pemkab Kudus akan menganggarkan 12 alat tersebut.

INOVASI: Kepala Dinas Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko menunjukkan contoh anjungan mandiri. Pemkab Kudus akan menganggarkan 12 alat tersebut. (GALIH ERLAMBANG WIRADINATA/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kudus akan menganggarkan anjungan mandiri untuk mencetak akta kelahiran dan katu identitas lainnya. Total ada 12 mesin yang akan diajukan.

Kepala Disdukcapil Kudus Eko Hari Djatmiko menunjukan contoh alat ATM tersebut. Bentuknya menyerepuai ATM perbankan pada umumnya. Warna ATM itu berbentuk merah dan putih. Kata dia, ATM itu bisa digunakan dengan menempelkan sidik jari. Anjungan mandiri ini sudah digunakan di Surakarta dan Boyolali.

Eko mengatakan, alat tersebut merupakan bentuk inovasi dari Kemendagri. Tujuannya untuk memudahkan percepatan pelayanan kepada masyarakat.

"Tidak perlu menunggu ke dinas atau kecamatan untuk mencetak akta, KK, dan sebagainya. Cukup datang ke ATM saja," katanya.

Pihaknya mengupayakan, alat tersebut bisa tersebar di sembilan kecamatan. Sekaligus di titik keramaian perkotaan dan di kantor Disdukcapil Kudus. Dirinya berharap, jumlahnya bisa terealisasi 12 unit.

Lanjut Eko, satu unit alat tersebut harganya berkisar Rp 200 juta. Jadi total anggaran untuk pengadaan alat tersebut Rp 2,4 miliar. ”Anggaran ini akan kami ajukan saat APBD perubahan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, alat itu bisa digunakan ketika masyarakat sudah selesai mengurus berbagai persyaratan di kantor Disdukcapil Kudus. Pihaknya juga akan memverifikasi sidik jari dan password. Proses selanjutnya, mereka bisa mencetak ke anjungan mandiri.

Menurut Eko, mesin ini bisa mencetak beberapa identitas. Mulai dari KK, akta kelahiran, e-KTP dan KIA. Untuk penjagaan anjungan mandiri ini, pihaknya akan memasang CCTV. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia