Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Ambyar

Gagal Kawin Gara-Gara Arah Rumah

14 Februari 2020, 11: 18: 24 WIB | editor : Ali Mustofa

Gagal Kawin Gara-Gara Arah Rumah

MALANG benar nasib Sentot (bukan nama sebenarnya). Tiga kali sudah dia gagal kawin dengan pujaan hatinya gara-gara kepercayaan orang tuanya soal arah rumah. Kebetulan, orang tuanya memang masih memegang erat kepercayaan lama. Tentang larangan menikah dengan orang yang arah rumah tak sesuai.

”Dari kampung saya ke kampung doi kan ke utara terus ke timur (ngalor-ngetan). Itu tidak boleh. Kalau tetap dilakukan nanti dapat malapetaka,” aku Sentot yang tinggal di Grobogan itu.

Sialnya, tiga gadis terakhir yang disukainya arahnya sesuai dengan larangan itu. Padahal, sebenarnya Sentot mengaku sudah sama-sama komitmen. Pihak orang tua si doi pun sudah rela dirinya mempersunting si doi.

Untuk kekasihnya yang terakhir, Sentot sebenarnya berharap hati orang tuanya luluh. Sebab, ini sudah yang ketiga kalinya dia mendapatkan kekasih dengan arah rumah yang dilarang dalam kepercayaan Jawa. Ternyata, orang tuanya tetap keukeuh, bahwa arah rumah yang demikian bisa menimbulkan pernikahan yang berujung petaka.

”Soalnya tetangga banyak yang begitu. Ada yang maksain menikah walau arah rumahnya dilarang. Akhirnya ada saudaranya yang meninggal. Orang tua takutnya gitu,” kata Sentot.

Kini, di usianya yang sudah berkepala tiga Sentot hanya bisa pasrah. Dia juga bingung bagaimana cara mendapatkan kekasih yang tak dilarang dalam kepercayaan Jawa. Sentot hanya membayangkan, setiap kali perkenalan dengan cewek baru, dia harus laporan pada orang tuanya. Betapa repotnya.

(ks/ful/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia