Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Grobogan

Sharing Kegiatan Bamus, DPRD Grobogan Terima Kunker DPRD Lamongan

14 Februari 2020, 09: 51: 55 WIB | editor : Ali Mustofa

TUKAR INFORMASI: Anggota DPRD Grobogan menerima kunjungan dari anggota DPRD Lamongan yang membahas kegiatan Badan Musyawarah (Bamus).

TUKAR INFORMASI: Anggota DPRD Grobogan menerima kunjungan dari anggota DPRD Lamongan yang membahas kegiatan Badan Musyawarah (Bamus). (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN, Radar Kudus – Anggota DPRD Kabupaten Grobogan  menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Lamongan. Mereka sharing soal kegiatan di Badan Musyawarah (Bamus). Di DPRD Grobogan, kegiatan Bamus dalam sebulan bisa 10 kali. Di DPRD Lamongan hanya dua kali.

Rombongan dari DPRD Lamongan dipimpin oleh Wiji. Terdiri dari 18 anggota DPRD dan empat pegawai sekretariat DPRD. Mereka  disambut anggota Bamus DPRD Grobogan HM. Misbah di ruang paripurna. Dalam kunjungan tersebut, DPRD Kabupaten Grobogan ingin berbagi banyak hal terkait tugas dewan dan bamus. 

Misbah mengatakan, kunjungan kerja DPRD Lamongan yang dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di DPRD Grobogan. Selain itu, juga program kerja untuk pembahasan perda dan peraturan yang lainnya.

”Kegiatan di Bamus di Lamongan ini satu bulan dua kali. Dan di DPRD Grobogan bisa 10 kali. Maka kegiatan Bamus bisa lebih banyak,” kata Misbah.

Terkait dengan Bamus, ujar Misbah, pasti banyak hal sehingga perlu kajian untuk analisa. Karena badan musyawarah merupakan alat kelengkapan untuk persidangan-persidangan dengan kepada daerah. Dalam hal ini wali kota/bupati. Di mana jadwal kegiatan kedewanan di kabupaten menjadi fokus utama.

”Kami sudah menyusun rencana kerja di DPRD sebagaimana implementasi badan musyawarah. Kemudian kami jabarkan dalam kegiatan. Jadi sebenarnya esensinya sama. Juga inovasi-inovasi kita gali dalam rangka memajukan lembaga dan meningkatkan sumber daya manusia di dewan,” terang dia.

Misbah menambahkan, Bamus merupakan salah satu alat kelengkapan dewan yang memegang peran penting. Baik di DPR RI maupun DPRD. Mengingat sebagian besar keputusan penting yang diambil oleh dewan harus melalui Bamus terlebih dahulu.

Sebab, Bamus memiliki tugas untuk menetapkan acara DPR RI maupun DPRD untuk satu tahun sidang, satu masa persidangan, atau sebagian dari suatu masa sidang dan perkiraan waktu penyelesaian suatu masalah.

(ks/mun/lid/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia