Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Kudus

Kabar Bahagia, Serdik Jadi "Password" untuk Lolos Tes SKB CPNS

13 Februari 2020, 16: 34: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

SELEKSI CPNS: Peserta saat mengikuti proses tes seleksi kompetensi dasar (SKD) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo beberapa waktu yang lalu.

SELEKSI CPNS: Peserta saat mengikuti proses tes seleksi kompetensi dasar (SKD) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo beberapa waktu yang lalu. (DISKOMINFOR FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus - Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kudus mengumumkan kabar bahagia bagi pelamar CPNS yang memiliki sertifikat pendidik (serdik). Sebab, serdik memiliki bobot nilai tinggi dalam tahapan seleksi CPNS. Jika peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKB) dan punya serdik, otomatis mendapat nilai penuh dalam tahap seleksi kompetensi bidang (SKB).

”Jika peserta SKB punya serdik, dia hanya datang saja sudah dipastikan dapat nilai penuh,” kata Kasubid Pengembangan Pegawai BKPP Kudus Hendro Muswinda.

Kendati demikian, Hendro memberi semangat peserta yang tidak punya serdik. Mereka tetap memiliki kesempatan untuk lolos dalam tahap akhir seleksi CPNS 2019. Sebab, nilai SKB bobotnya sebesar 60 persen.

”Tidak usah khawatir, masih ada nilai SKD yang bobotnya 40 persen. Jika nilai SKD tinggi masih bisa dapat nilai akhir tinggi. Apalagi jika nilai SKB juga tinggi. Tetap belajar dan berusaha maksimal,” katanya.

Dia menegaskan, serdik ini dapat digunakan jika peserta lolos SKD dan menjadi peserta SKB. Jika tidak serdik yang telah disertakan sejak mendaftar online bisa dibilang tidak banyak membantu.

Hingga saat ini BKPP belum mengumumkan siapa saja peserta yang lolos SKD dan bisa melaju ke SKB. Peserta yang melaju ke SKB diambil tiga terbaik yang lolos passing grade di setiap formasinya. Jika diestimasikan yang tersedia sebanyak 382 formasi, maka ada sekitar 1.146 orang yang masuk ke tahap SKB.

”Tapi jumlah tersebut bisa saja kurang. Misalnya ada formasi yang pelamarnya semuanya tidak ada yang memenuhi passing grade,” katanya.

BKN menjadwalkan, pelaksanaan tes SKB mulai 25 Maret hingga 10 April 2020. Di Kudus, pelaksanaannya dimungkinkan digelar pada April.

(ks/daf/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia