Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Ambyar

Ditulung Malah Menthung

12 Februari 2020, 10: 27: 42 WIB | editor : Ali Mustofa

Ditulung Malah Menthung

JADI laki-laki tidak tahu diuntung. Itulah Sodron (nama samaran). Ditulung malah menthung. Bagaimana tidak. Sodron dinikahkan dengan anaknya Joni, Bunga (nama samaran). Ditambah disediakan rumah. Tapi rupanya Sodron memang wataknya bebal. Ia malah sering pulang malam dalam keadaan mabuk.

Pernikahan Sodron dan Bunga awalnya memang didasari suka sama suka. Tapi pernikahannya dipaksakan. Bunga yang masih menempuh pendidikan SMA kecantol dengan Sodron. Bunga hamil duluan. Hasil hubungannya dengan Sodron. Memang Sodron dikenal berparas tampan.

Kehamilan Bunga tak diketahui sebelumnya. Baru diketahui setelah melahirkan anak dari hubungan terlarang itu. Proses kelahirannya tak butuh dokter atau bidan. Saat bersih-bersih rumah tiba-tiba perutnya sakit. Lalu ke kamar mandi.

Terdengar tangisan bayi dari dalam kamar mandi. Ibunya Bunga kaget. Dari peristiwa itu, Bunga baru mengaku laki-laki yang harus bertanggung jawab adalah Sodron. Kabar peristiwa menghebohkan itu, cepat tersebar se-kampung.

Sodron dipanggil bersama orang tuanya. Akhirnya bersedia bertanggung jawab. Sodron dan Bunga menikah. Joni –nama samaran bapaknya Bunga- masih memiliki perasaan. Bahkan, ia ingin menyadarkan menantunya itu. Joni memberi syarat kepada Sodron untuk menjaga anak dan cucunya itu. Lalu diberi rumah siap huni.

Adanya rumah itu, Sodron diharapkan bisa menjadi laki-laki yang bertanggung jawab. Tidak bergantung dengan orang tua. Dua bulan berlangsung kehidupan Sodron dan Bunga berjalan normal. Sodron bekerja untuk menghidupi anak istri.

Tapi tak berlangsung lama. Setiap kali ada hiburan musik dangdut, Sodron gaspol. Bersama teman-temannya menikmati ”air laknat”. Dia pun sering pulang tengah malam dalam keadaan mabuk. Mulai malas-malasan bekerja pula. Bahkan, menjadi ”bos” bagi teman-temannya. Berotol-botol miras ia yang membayar.

Usut punya usut, Sodron ternyata punya gebetan cewek tajir. Hingga lupa sudah punya anak dan istri.

Mengetahui kelakukan menantunya, Joni bergegas urus perceraian anaknya. Setahun berselang, Bunga dipinang laki-laki yang menjadi pelindungnya. Sementara Sodron kerja serabutan. Hidupnya tidak karuan. Masih saja suka mabuk-mabukan.

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia