Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Pendidikan

SMK Terpadu Hadziqiyyah Jepara Selenggarakan Pilketos Berbasis Online

11 Februari 2020, 09: 48: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

BERBASIS ONLINE: Para pelajar di SMK Terpadu Hadziqiyyah mengikuti pemilihan ketua OSIS dengan sistem online baru-baru ini.

BERBASIS ONLINE: Para pelajar di SMK Terpadu Hadziqiyyah mengikuti pemilihan ketua OSIS dengan sistem online baru-baru ini. (SMK TERPADU HADZIQIYYAH FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA, Radar Kudus – Pelajar di SMK Terpadu Hadziqiyyah, Gemiring Lor, Nalumsari, menyelenggarakan pemilihan ketua osis (pilketos) akhir pekan lalu. Berbeda dengan sekolah pada umumnya, pemungutan dan penghitungan suara dilakukan dengan sistem online.

Kepala SMK Terpadu Hadziqiyyah Arif Jauhari mengatakan, ini menjadi tahun pertama penyelenggaraan pilketos berbasis online di sekolah tersebut. ”Tahun-tahun sebelumnya masih menggunakan sistem manual,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Dia menuturkan, pilketos berbasis online tersebut memudahkan para siswa. Terlebih saat ini ada sebagian siswa yang sedang melaksanakan praktik kerja industri (prakerin) di luar kota. ”Pilketos berbasis online ini, bisa memfasilitasi aspirasi para siswa yang sedang prakerin tersebut. Jadi, mereka tetap bisa memberikan suara,” ungkapnya.

Para siswa di sekolah tersebut bisa memberikan suaranya dengan mengakses osisk1.hadziqiyyah.com menggunakan username dan password yang sudah diberikan kepada masing-masing siswa. ”Siswa yang ada di sekolah kami fasilitasi secara khusus. Sementara yang berada di luar kota bisa mengakses secara mandiri,” jelasnya.

Arif Jauhari menyampaikan, dari 285 siswa yang terdaftar sebagai pemilih, ada 232 siswa yang menggunakan hak suaranya.

Tahun ini ada tiga calon ketua OSIS yang bisa dipilih para siswa. Pemilihan ketua OSIS kali ini dimenangkan oleh Ahmad Alfiansyah dengan perolehan suara 57,17 persen. Calon terpilih mempunyai visi terwujudnya OSIS SMK Terpadu Hadziqiyyah yang mandiri, maju, dan berintegritas.

Dengan adanya inovasi baru ini, Arif Jauhari mengharapkan siswa akan semakin senang memberikan suaranya. ”Harapannya, terobosan ini lebih memudahkan siswa. Akan kami evaluasi dan lakukan perbaikan demi suksesnya pemilihan ketua OSIS ditahun yang akan datang,” imbuhnya.

(ks/emy/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia