alexametrics
Selasa, 11 May 2021
radarkudus
Home > Ambyar
icon featured
Ambyar

Suami Keranjingan Mancing, Bini Minta Cerai

06 Februari 2020, 12: 05: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Suami Keranjingan Mancing, Bini Minta Cerai

TRIMO (bukan nama sebenarnya) warga asal Kayen, Pati ini, harus membayar mahal hobinya. Dia hobi sekali mancing. Sehari bisa dua kali pergi mancing. Di rumah, paling-paling hanya mandi dan ganti baju saja. Hari-harinya kini dihabiskan di sungai dan kolam pemancingan. Istrinya pun meradang, bahkan mengancam minta cerai saja, kalau hobinya itu diterus-teruskan sampai kelewatan.

Sehari-hari Trino bekerja sebagai pedagang. Apa saja yang laku, dia jual. Seperti musim buah seperti ini, dia jualan rambutan, hingga durian. Jika tidak musim buah, Trimo kadang bekerja di sawah. Etos kerjanya baik sebenarnya.

”Ngono yo ngono (Begitu ya begitu, Red) tapi jangan kebablasan. Jangan sampai hobi mengalahkan kewajiban. Boleh memancing, tapi ya sewajarnya. Jangan sampai kebablasan," kata Siti (bukan nama sebenarnya) istrinya dengan kesal.

Baca juga: Durian Musangking di Desa Sampok Berpotensi Jadi Agrowisata

Karena tiga bulanan ini Trimo keranjingan kegiatan memancing, pekerjaannya pun menjadi kacau. Bukan hanya kacau. Trimo jadi agak malas mencari nafkah untuk istri dan seorang anaknya yang sudah sekolah di taman kanak-kanak tersebut.

Kadang-kadang istrinya harus turun tangan sendiri. Istrinya biasanya membeli buah dari pemilik pohon. Kadang-kadang dia juga yang menjualnya ke pasar atau kepada tetangga.

”Wes tak sabar-sabarno. Tapi selot suwe kok marai loro ati (sudah saya sabar-sabarkan. Tetapi makin lama membuat sakit hati, Red),” keluhanya.

Karena sehari-hari Trimo lebih banyak memancing. Trimo seperti menemukan dunia barunya. Atau malah menemukan “bini baru” dalam bentuk kegiatan memancing itu.

Kini Trimo harus membujuk istrinya agar mengurungkan niat minta cerai itu. Trimo masih sayang dengan istrinya. Trimo hanya punya dua pilihan. Mancing terus-terusan, atau berpisah dengan istrinya. Karena tugas utama mencari nafkah yang sering dia tinggalkan demi memancing.

(ks/aua/zen/top/JPR)

 TOP