Senin, 17 Feb 2020
radarkudus
icon featured
Pati

Dianggap Jadi Biang Banjir, Jembatan Lotus di Pati Akhirnya Dibongkar

28 Januari 2020, 12: 24: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

TINDAK TEGAS: Beberapa pekerja membongkar jembatan jalan menuju PT Lotus Prima Energi yang belakangan memicu banjir di Jalan Pantura Pati-Juwana.

TINDAK TEGAS: Beberapa pekerja membongkar jembatan jalan menuju PT Lotus Prima Energi yang belakangan memicu banjir di Jalan Pantura Pati-Juwana. (SRI PUTJIWATI/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus - Jembatan PT Lotus Prima Energi yang ada di Jalan Pati-Juwana turut Desa Widorokandang akhirnya dibongkar kemarin. Pembongkaran jembatan yang terlalu rendah itu karena disinyalir menjadi faktor utama penyebab banjir di Jalan Pati-Juwana.

Salah satu karyawan PT Lotur Prima Energi Jumadi mengaku, jembatan tersebut dibangun oleh pemilik lahan yang dibeli oleh perusahan milik warga Jakarta itu. Lahan yang dibeli satu paket dengan jembatan. Sehingga pihak PT Lotus tak membuat jembatan tersebut dengan adanya komplain dari masyarakat dan permintaan Pemkab Pati, maka jembatan akhirnya dibongkar.

“Tinggi jembatan dari kali sekitar 2 meter karena Kali Simo saat ini mengalami kedangkalan Sehingga saat ada kiriman air dan sampah dari hulu, pasti menyumbat jembatan. Kami dari perusahaan menyetujui dibongkar dan akan dibangun jembatan darurat,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Dari PT itu sudah menyediakan material jembatan darurat. Setelah dibongkar, maka akan langsung dibuat jembatan darurat. Terlebih, saat ini tidak ada kendaraan di dalam perusahaan. Karena dalam proses perbaikan tabung. Semua kendaraan di dalam perusahaan juga telah dikeluarkan sejak Minggu (26/1) sore.

Proses pembongkaran jembatan sempat alot karena konstruksi jembatan yang cukup kuat. Alat berat yang didatangkan tak dapat membongkarnya. Sehingga pembongkaran awal dilakukan secara manual oleh petugas DPUTR. Pada proses pembongkaran sempat terkendala dengan datangnya sampah yang menumpuk di jembatan. Pada awal pembongkaran jembatan juga didatangi oleh Wabup Pati Saiful Arifin.

Orang nomor dua di Kabupaten Pati itu mengatakan, langsung meminta perusahaan bersangkutan segera membongkarnya. Selain konstruksi rendah, jembatan itu juga tidak mempunyai IMB. Terlebih, beberapa kali pada musim hujan ini air Kali Simo meluap ke jalan Pati-Juwana karena sampah tersumbat di jembatan PT Lotus Prima Energi.

“Kami sudah berkali-kali berkomunikasi dengan manajemen perusahaan itu. Mau dibongkar tiga bulan lagi itu kelamaan. Jadi segera dibongkar saja dan diganti jembatan darurat sementara. Supaya tidak menyebabkan banjir. Kalau banjir kan yang disalahkan pemerintah. Selain itu jembatan lain yang terlalu rendah juga nantinya akan ditertibkan,” tegasnya.

(ks/put/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia