alexametrics
Minggu, 09 May 2021
radarkudus
Home > Features
icon featured
Features
Ade Ahmad Santoso, Pelajar Berprestasi

Pernah Hampir Nangis di Panggung, Kini Juara Lomba Nyanyi Dangdut

21 Januari 2020, 12: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Ade Ahmad Santoso

Ade Ahmad Santoso (Dok. Pribadi)

Share this      

Berita Terkait

Usia Ade Ahmad Santoso belum genap 17 tahun. Namun, berbagai prestasi telah diraihnya. Salah satunya di musik dangdut. Ade telah menjuarai lomba menyanyi di tingkat kabupaten. Dia pun ikut dalam kompetisi dangdut profesional.

FEMI NOVIYANTI, Jepara, Radar Kudus

MENYUKAI musik dangdut sejak kecil, membuat Ade Ahmad Santoso berupaya mengembangkan kemampuan di bidang tersebut. Dia mengasah kemampuan dari panggung ke panggung. Juga di berbagai lomba menyanyi dangdut.

Baca juga: Pelatih Persijap Oasis Waters Incar Pemain Menyerang dan Bertahan

Terbaru, pelajar yang memiliki nama panggung Anant Taressa ini, menjuarai lomba menyanyi dangdut tingkat Kabupaten Jepara 2019. Dia juga mengikuti audisi Liga Dangdut Lida 2020 dan lolos sampai tahap II dari Provinsi Jawa Tengah. Sayangnya tereliminasi pada top 5 besar Jawa Tengah.

Terkait dengan prestasinya itu, putra pasangan Zaenal Kartono Santoso dan Eni Suhartuti ini menceritakan, sejak kecil dia menjadikan musik sebagai hiburan. Sejak SD pula, laki-laki yang tinggal di RT 10/RW 3, Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, ini menyanyi dari panggung ke panggung.

Dia mengingat satu pengalaman saat awal pertama nyanyi di atas panggung. ”Pernah saat saya masih kecil, awal-awal nyanyi masih grogi dan takut. Saya juga pernah hampir menangis saat diminta menyanyi di panggung,” jelasnya.

Namun, pengalaman demi pengalaman membuatnya makin matang. Dia juga mengingat dulu pernah hanya dibayar Rp 100 ribu saat menyanyi. ”Itu saat tampil di desa saya sendiri. Saya dikasih uang Rp 100 ribu untuk jajan katanya,” tuturnya.

Pelajar kelas XI SMKN 1 Jepara ini menyatakan, sejak 2017 prestasi di bidang musik diraihnya. Saat SMP, dia mengikuti lomba karaoke Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP dan berhasil meraih juara II.

Selain aktif mengasah kemampuan di bidang musik, dia juga memiliki banyak prestasi di bidang modeling. Seperti juara II lomba fashion show batik dan tenun Troso 2016.

Prestasi lain yang telah diraihnya, juara II lomba baca puisi tingkat kabupaten 2016 dan juara I lomba mengarang puisi pada 2018 lalu.

Ade menyampaikan, saat ini dia terus mengasah kemampuannya. Khususnya di bidang musik dangdut. ”Saya rajin berlatih, tampil di berbagai acara, dan ikut kompetisi profesional,” jelasnya.

Selain bisa menyalurkan hobinya, Ade juga mendapat pemasukan yang lumayan dari aktivitasnya itu. ”Bisa bantu meringankan beban orang tua juga,” imbuhnya. (*)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP