alexametrics
Selasa, 24 Nov 2020
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Keramik di Masjid Jami Lasem Teridentifikasi Peninggalan Belanda

20 Januari 2020, 17: 10: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

BERSEJARAH: Keramik yang ditemukan pada penggalian pondasi Masjid Lasem terindentifikasi sebagai peninggalan Belanda.

BERSEJARAH: Keramik yang ditemukan pada penggalian pondasi Masjid Lasem terindentifikasi sebagai peninggalan Belanda. (fakhri/radar kudus)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus Ada beberapa temuan benda kuno tersimpan di Masjid Jami Lasem, Rembang. Seperti keramik dan manuskrip. Ada beberapa peneliti yang datang ke Masjid Jami itu. Salah satunya dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) yang telah meneliti keramik yang ditemukan di area masjid. Setelah diteliti, keramik tersebut ada sejak zaman Belanda.

Dari data yang diduga cagar budaya bergerak di area masjid Jami Lasem, Pengurus Perpustakan Masjid Jami Lasem Abdullah Hamid menunjukkan fragmen keramik bagian dasar. Dua fragmen. Keramik itu berbahan stonware (kaolin). Dan sudah tidak teridentifikasi bentuk aslinya.

Bagian dalam terdapat hiasan lingkungan yang menggambarkan gedung-gedung dan orang naik kuda. Di Bagian luar terdapat tulisan ”P Regout A 1836 Maastricht Samarcan”.

Riwayat penemuan keramik itu pada 2017 lalu. Saat penggalian selatan pondasi Masjid Lasem. Kemudian diamankan di perpustakaan Lasem oleh Abdullah. Ia mengatakan, sekitar dua tahun lalu ada temuan. Kemudian dari BPCB datang ke Lasem.

”Di situ ada keramik, koin. Laporan (dari BPCB, Red) itu penting,” jelasnya.

Sementara itu, biasanya apabila ada temuan, memang disimpan di Masjid Jami Lasem. Karena pihaknya ingin melestarikan situs budaya. Apalagi masjid jami Lasem juga merupakan tempat bersejarah.

Dilihat dari kategori ada 10. Per kategori banyak. ”Kalau disebut item banyak, Kalau disebut kategori ada 10. Seperti manuskrip, keramik,” jelasnya. (vah)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya