Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Rembang

Cuaca Buruk, Kapal Nelayan Tritunggal Rembang Ambyar Disapu Ombak

15 Januari 2020, 15: 54: 32 WIB | editor : Ali Mustofa

RUSAK PARAH: Suwardi menunjukkan kerusakan kapalnya yang hancur setelah disapu ombak kemarin.

RUSAK PARAH: Suwardi menunjukkan kerusakan kapalnya yang hancur setelah disapu ombak kemarin. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus – Cuaca buruk disertai gelombang tinggi di wilayah laut Rembang. Menyebabkan sejumlah pemilik kapal ketar-ketir. Terlebih setelah ada kapal nelayan asal Tritunggal, Kecamatan Rembang Kota, ambyar setelah disapu gelombang musim baratan.

Suwardi, warga Desa Tritunggal, sekaligus pemilik kapal yang rusak mengaku kerusakan kapal akibat disapu ombak tinggi yang terjadi tiga hari terakhir ini.” Ombak besar terjadi mulai Sabtu lalu. Puncaknya Senin malam. Kapal saya hancur setelah disapu ombak sampai di pinggir pantai,” ujarnya.

Dia menyebutkan kerusakan kapal selain karena di sapu ombak juga akibat berbenturan dengan kapal lain yang tengah sandar.”Posisi kapal saya awalnya di tengah. Sudah saya jangkar. Tapi karena berbenturan dengan perahu lain akhirnya tali putus dan terhempas sampai bibir pantai” ujarnya.

Kondisi kapalnyanya pecah. Tidak bisa digunakan melaut. Untuk sekadar menjaring mencari ikan ataupun teri nasi dirinya harus libur. Mungkin bisa beberapa hari kedepan. Sambil menunggu proses kapal diperbaiki.

Meskipun konsekuensinya tidak dapat uang. Apalagi untuk membangun ini pastinya membutuhkan waktu panjang. Selain biaya tidak besar. Estimasinya biaya perbaikan sampai Rp 12 jutaan.

”Harus mendatangkan dok kapal. Untuk membeli kapal cokrik yang sejenis mirip dengan saya modalnya sampai Rp 40 juta. Saya tunggu modal dulu” terangnya.

Memang membangun kapal menjadi jalan solusinya. Karena beli lagi kapal sejenis harganya sampai Rp 40 juta. Terpaksa kapal dengan ukurannya panjang 6,75 meter dan lebar sampai 2,9 meter harus dongkrok sementara waktu. 

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia