Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Pati

Tanggul Sinoman di Pati Jebol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

15 Januari 2020, 13: 41: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

Tanggul Sinoman di Pati Jebol, Puluhan Hektare Sawah Terendam

PATI, Radar Kudus - Banjir merendam sejumlah tempat di Kabupaten Pati pagi kemarin. Hal itu karena curah hujan yang tinggi sepanjang malam. Terutama di wilayah hulu. Sungai tak mampu menampung debit air. Selain itu banjir juga diakibatkan karena tanggul yang jebol.

Pantauan Jawa Pos Radar Kudus, banjir melanda setidaknya di 10 titik. Mulai dari Jalan Pantura Pati – Juwana sekitar PDAM, jalan dekat Alugoro, Desa Sinoman, Desa Kalidoro, Desa Widorokandang, Desa Mulyoharjo, Desa Sugiharjo, Dukuh Sentulan Desa Sidoharjo, Desa Margomulyo, dan Desa Plangitan sekitar SMA Nasional.

Beruntung banjir cepat surut, hanya dalam waktu sekitar satu jam. Seperti di Geta’an Desa Kalidoro. Banjir menggenangi sekitar 25 rumah. Banjir juga membuat sebagian Jalan Ahmad Dahlan di perempatan tergenang. Ketinggian air mencapai sekitar 50 sentimeter.

”Hujan semalaman. Selokan dan sungai tak mampu menampung air, akhirnya meluap dan menggenangi rumah warga,” terang Sayogo, salah seorang warga Desa Kalidoro. Air mulai naik sekitar pukul 08.00. Sekitar pukul 10.00 air sudah mulai surut. Terutama di jalanan genangan berangsur hilang.

Banjir yang diakibatkan luapan sungai juga terjadi di jalanan. Seperti di sekitar Alugoro dan juga di pantura. Bahkan di pantura air yang meluap cukup deras. Akibatnya arus lalu lintas tersendat. Polisi sampai melakukan pengalihan arus lalu lintas.

Sementara pantauan di Desa Sinoman, air menggenangi sekitar 50 rumah, dan 40 hektare sawah. Banjir diakibatkan tanggul sungai yang jebol di tiga titik. Jebolnya tanggul selebar 5 meter hingga membuat air meluber masuk sawah dan rumah-rumah.

”Curah hujan di hulu tinggi. Akibatnya tanggul sungai ini jebol, ada tiga titik,” kata Kepala Desa Sinoman, Triyono. Karena itu butuh segera dilakukan penanganan pada tanggul yang jebol tersebut. Mengingat curah hujan tinggi diperkirakan masih akan berlangsung. Apalagi jika hujan lebat turun di wilayah hulu.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia