Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Kudus

MGBK Kudus Gelar Gebyar Milineal Expo Perguruan Tinggi Hari Ini

14 Januari 2020, 10: 38: 22 WIB | editor : Ali Mustofa

PERSIAPAN: Para anggota MGBK Kudus tengah melakukan persiapan Expo Perguruan Tinggi 2020. Acara ini dihadiri oleh 71 perguruan tinggi di Indonesia.

PERSIAPAN: Para anggota MGBK Kudus tengah melakukan persiapan Expo Perguruan Tinggi 2020. Acara ini dihadiri oleh 71 perguruan tinggi di Indonesia. (GALIH ERLAMBANG W/ Radar Kudus)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus - Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA, MA, dan SMK Kabupaten Kudus menggelar kegiatan Gebyar Milineal Expo perguruan tinggi dibuka pukul 08.00 hari ini di Gedung JHK Kudus. Acara ini akan berakhir pada Rabu (15/1).  Tahun ini merupakan tahun kelima acara ini digelar. Di expo itu menghadirkan 71 perguruan tinggi di Indonesia.

Para panitia tengah mempersiapkan acara expo perguruan tinggi tersebut kemarin. Dari pantauan Jawa Pos Radar Kudus tenda-tenda acara mulai dipasang. Beberapa guru melakukan chek sound suara. Mereka akan mempersembahkan paduan suara ketika acara digelar. Para siswa juga tak kalah ketinggilan menyiapkan dirinya. Dari pantauan itu sedang melakukan latihan menari.

Kordinator MGBK Kudus Saiful Bakri mengatakan acara ini sudah rutin digelar selama lima kali. Tahun ini kegiatan ini mengusung tema ‘Menuju Indonesia Maju’. Expo ini, kata Saiful, diikuti 71 perguruan tinggi. Baik dari negeri, swasta, dan kedinasan.

“Peserta expo ada dari berbagai daerah. Mulai dari Jawa Tengah, DIY, DKI Jakarta, dan Jawa Timur,” ungkapnya.

Tujuan acara ini dihelat, merupakan bentuk peran guru bimbingan konseling (BK) di tinggkat SMA, MA, dan SMK membantu menghantarkan peserta didik ke jenjang perguruan tinggi. Lanjut Saiful, lewat expo ini peserta didik diharapkan bisa memantapkan dirinya dalam memilih perguran tinggi.  Sekaligus tak salah dalam menentukan jurusan.

Di sisi lain, kegiatan dihelat untuk pengembangan diri para siswa. Saiful menambahkan, usai diterima di perguruan tinggi, siswa bisa menjadi calon pemimpin Indonesia di masa mendatang yang berkompeten. Agar bisa membawa negeri ini semakin maju.

“Acara ini digelar secara gratis. Rencananya dihadiri oleh Plt bupati Kudus dan kepala cabang dinas pendidikan wilayah III Provinsi Jawa Tengah,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia sekaligus Ketua MGBK Sri Maryanti mengatakan kegiatan ini juga menggandeng beberapa OPD terkait. Seperti Dishub menggandeng STTD. Untuk BKPP mengganndeng IPDN. Sementara Polres memperkenalkan Akpol dan bintara. Kodim memperkenalkan penerimaan Akmil.

“Expo ini diharapkan para siswa bisa memilih PTN maupun PTS sesuai minat dan bakatnya. Ini juga bentuk upaya kami meningkatkan semangat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” harapnya. (gal)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia