Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Kudus

Belasan Komunitas di Kudus Bantu Korban Bencana Banjir

14 Januari 2020, 09: 41: 45 WIB | editor : Ali Mustofa

BANTU KORBAN: Belasan komunitas membantu korban bencana banjir dengan menggelar baksos. Baksos itu lantas disalurkan ke korban bencana.

BANTU KORBAN: Belasan komunitas membantu korban bencana banjir dengan menggelar baksos. Baksos itu lantas disalurkan ke korban bencana. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Puluhan orang yang tergabung dari belasan komunitas di Kudus melakukan aksi bakti sosial (baksos) peduli bencana banjir. Baksos ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir.

Komunitas itu berasal dari komunitas pengemudi ojek online, band, komunitas motor, komunitas pecinta reptil, pecinta alam, sejumlah manajemen event, komunitas dangdut, dan komunitas-komunitas lain.

Sambil membawa kardus bertuliskan “Kudus Peduli #bersamapeduli Penggalangan Dana Korban Banjir,” mereka menyebar di sejumlah titik. Seperti alun-alun, perempatan Jember, Matahari, perempatan Pegadaian dan pentol, dan titik-titik lainnya.

”Ini murni kesadaran atas kemanusiaan bersama. Kudus peduli untuk saudara-saudara yang tengah tertimpa musibah,” kata Ahmad Faizal Risqon, koordinator lapangan.

Sejak menyebar pamflet di media sosial empat hari lalu, panitia telah menerima 11 karung pakaian bekas layak pakai, sejumlah obat-obatan, dan uang tunai. Jumlah banyak. Di luar ekspektasi Faizal dan kawan-kawannya.

Nantinya, kata Faizal, hasil dari baksos akan disalurkan ke sejumlah daerah yang tertimpa musibah banjir. Seperti Jakarta dan sekitarnya, Tayu Pati, Gubuk Grobogan, dan Demak. Panitia memprioritaskan wilayah-wilayah yang tak jauh dari Kudus.

Aziz Ahmad, salah satu warga, memberikan satu kantong plastik besar berisi pakaian bekas layak pakai dan sejumlah uang tunai. Baginya, gerakan sosial ini penting dan mencerminkan karakter masyarakat Kudus sebenarnya. Yakni memiliki rasa tanggung jawab kemanusiaan atas dasar apapun.

”Saya lihat info baksos ini di group WhatsApp. Kebetulan ada pakaian bekas layak pakai dan sedikit uang. Saya berikan saja. Semoga bisa meringankan beban mereka yang terkena musibah,” kata Aziz. (qih)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia