Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Universitas Terbuka Rembang Beri Kejutan di Ekspo Perguruan Tinggi

11 Januari 2020, 13: 34: 58 WIB | editor : Ali Mustofa

ANTUSIAS: Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jateng Sunoto (kemeja merah muda), bersama Ketua Pengurus Pokjar (Kelompok Belajar) Universitas Terbuka, Rembang, Non Pendidikan Dasar, Ahmad Sholchan (peci hitam), bersama anggota TNI/Polri.

ANTUSIAS: Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jateng Sunoto (kemeja merah muda), bersama Ketua Pengurus Pokjar (Kelompok Belajar) Universitas Terbuka, Rembang, Non Pendidikan Dasar, Ahmad Sholchan (peci hitam), bersama anggota TNI/Polri. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, Radar Kudus – Animo peserta Ekspo pameran dari Perguruan Tinggi yang digagas Musyawarah Guru Bimbingan dan Koseling (MGBK) SMA/SMK/MA cukup besar. Termasuk datang dari Universitas Terbuka (UT) Pokjar Rembang. Perguruan ini memberikan kejutan layanan pendidikan menarik hingga door prize selama berlangsungnya acara Kamis dan Jumat (9-10/1).

Ketua Pengurus Pokjar (kelompok belajar) Universitas Terbuka, Kabupaten Rembang, Non Pendidikan Dasar, Ahmad Sholchan menyampaikan baru kali pertama mengikuti pameran. Ini sehubungan minimnya informasi yang diterima.

”Kita juga menyampaikan informasi-informasi tentang program studi. Kelebihan dan keuntungan dari program UT,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kudus, kemarin (9/1)

Jelasnya banyak keuntungan diperoleh calon mahasiswa UT. Mereka ke depan lulus mendapatkan ijazah perguruan tinggi negeri. Tentu juga dari sisi biaya terjangkau. Kemudian bagi mereka yang bekerja sangat memungkinkan untuk dilaksanakan.

Karena tutorial tatap muka hanya hari Sabtu dan Minggu. Lalu pusatnya di kota Rembang. Makanya selama peserta mengunjungi stand akan menerima banyak informasi. Utamanya tentang teknis pendaftaran di UT.

”Kita beri brosur-brosur. Kalau beruntung ada door prize yang akan diterima bagi pelajar yang datang di stand kami,” ujarnya.

Kemudian dalam ekspo ini juga dipaparkan informasi keberadaan UT. Sekaligus  mengajak para lulusan SMA/SMK/MA yang ada di dinas ataupun  instansi. Bagi mereka yang belum menempuh jenjang S1. Barangkali para PNS, anggota TNI/Polri dapat mengikuti pendidikan di UT Pokjar Rembang.

Selain tawaran tersebut ada berbagai program yang diluncurkan UT. Salah satunya UT Pokjar Rembang ada program beasiswa. Bentuknya ada tiga jenis. Mulai program beasiswa bidik misi, CSR dan prestasi.

”Untuk menerima program-program tersebut butuh syarat-syarat tertentu. Antara lain butuh indeks prestasi yang tinggi,” ujarnya.

Untuk program beasiswa bidik misi. Sesuai ketentuan Kementerian Pendidikan, selain mereka bebas pendidikan juga memperoleh biaya hidup. Kemudian yang CSR hanya bebas SPP. Kemudian yang beasiswa prestasi mendapatkan uang jumlah tertentu tiap semester.

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia