Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Blora

Hari Ini Pesawat King Air Mendarat di Bandara Ngloram Blora

11 Januari 2020, 10: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Hari Ini Pesawat King Air Mendarat di Bandara Ngloram Blora

BLORA, Radar Kudus - Bandar Udara (Bandara) Ngloram, Kecamatan Cepu, diuji coba hari ini. Rencananya, pesawat King Air 200GT yang ditumpangi oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Dirjen Perhubungan Udara, dan rombongan akan mendarat di bandara ini pukul 13.00.

Wakil Bupati Arief Rohman mengucapkan terima kasih kepada Presdien Republik Indonesia Joko Widodo, Menteri Perhubungan, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sebab, mereka sudah merealisasikan mimpi rakyat Blora, khususnya Kecamatan Cepu. Masyarakat Blora sudah puluhan tahun ingin melihat pesawat udara kembali mendarat di Bandara Ngloram. ”Alhamdulillah akhirnya besok (hari ini, Red) bisa terwujud,” ucapnya dengan semringah.

Arief Rohman berharap, semoga dibukanya Bandara Ngloram bermanfaat dan bisa membawa kemajuan Blora di sektor ekonomi, pariwisata, jasa, dan lainnya. ”Pesawat yang mendarat besok jenis ATR. Yang ikut (di dalam pesawat) Pak Menhub, Dirjen Perhubungan Udara, dan rombongan,” ungkapnya.

ADA FASILITAS PENUNJANG: Maket Bandara Ngloram, Cepu, Blora. Hari ini, bandara ini diuji coba.

ADA FASILITAS PENUNJANG: Maket Bandara Ngloram, Cepu, Blora. Hari ini, bandara ini diuji coba. (CAPTURE VIDEO MAKET BANDARA NGLORAM FOR RADAR KUDUS)

Rencananya, usai mendarat nanti rombongan ini, meninjau lokasi yang akan dibangun terminal bandara. ”Kalau berkenan, akan kami ajak ke Stasiun Kapuan untuk kemungkinan kami usulkan jadi intermoda transportasi. Jadi, penumpamg pesawat turun di stasiun KA langsung bisa ke terminal bandara. Kalau masih ada waktu, kami aturi kulineran lontong opor Ngloram. Sekalian promosi wisata kuliner Blora,” jelasnya.

Sebelumnya, pendaratan uji coba direncanakan akhir 2019. Namun tertunda. Baru bisa hari ini. Sebab, saat itu masih perlu persiapan administrasi dan teknis dalam operasi penerbangan. Namun secara umum, konstruksi landasan pacu sudah siap untuk landing maupun take off.

Selama 34 tahun terakhir, Bandara Ngloram tertutup dan mati suri. Tidak lagi beroperasi. Sehingga butuh waktu untuk membukanya kembali.

Untuk diketahui, Bandara Ngloram sudah ada sejak 1980. Dibangun untuk mendukung pengembangan proyek-proyek pertambangan minyak dan gas (migas) di Blora dan sekitarnya. Kali pertama pesawat yang mendarat di Bandara Ngloram dinaiki Presiden Soeharto. Namun empat tahun setelah itu, bandara tidak lagi beroperasi. Hingga akhirnya pemerintah memutuskan untuk membangun ulang bandara tersebut pada pertengahan 2018 lalu.

Pada tahap awal ini, landasan pacu Bandara Ngloram dibangun sepanjang 1,2 km. Dari panjang runway sebelumnya yang hanya sepanjang 900 meter. Untuk selanjutnya, runway bakal diperpanjang hingga 2,6 km.

Sebelumnya, landasan bandara ini hanya untuk mainan anak-anak dan angon ternak. Hari ini akan ada pesawat yang mendarat. 

(ks/sub/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia