Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Ekonomi

Saatnya Berburu Aneka Kerajinan Tangan di Plaza Pragolo, Harga Sip

09 Januari 2020, 15: 08: 46 WIB | editor : Ali Mustofa

CUKUP DIMINATI: Sujari memperlihatkan produk-produknya berupa tas rajutan yang dipamerkan di Plaza Pragolo kemarin.

CUKUP DIMINATI: Sujari memperlihatkan produk-produknya berupa tas rajutan yang dipamerkan di Plaza Pragolo kemarin. (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus – Produk rajutan tangan menjadi salah satu produk laris yang ada di Plaza Pragolo. Rajutan ini dibentuk menjadi banyak barang. Seperti dompet, peci, hingga tas punggung.

Produk ini memiliki daya tarik tersendiri. Mulai dari bahannya, modelnya kegunaannya, hingga proses pembuatannya yang menggunakan tangan. ”Lumayan laris produk ini. Karena unik dan memang bagus, yang paling laris adalah produk rajutan yang berupa tas punggung. Produk ini banyak disukai para remaja putri. Karena cocok untuk menjadi outfit di saat santai,” terang Sujari, owner dari Forum Sedayu yang memproduksi barang-barang terebut.

Selain memajang barangnya di Plaza Pragolo, Sujari juga memasarkannya di Kalimatan dan juga Jakarta. Usahanya tersebut dikerjakan secara bareng-bareng dalam kelompok usaha bersama (KUB).

Ada 26 orang yang terlibat dalam pembuatan produk rajutan tersebut. Yang tersebar di Desa Sendangrejo, Pundenrejo, dan Dororejo di Kecamatan Tayu. ”Kadang sehari satu orang bisa memproduksi 6-7 buah produk,” kata Sujari kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Lebih lanjut, Sujari mengaku cukup terbantu dengan adanya outlet yang disediakan Pemkab Pati melalui Plaza Pragolo. Dimana dirinya bisa memamerkan barang-barangnya. ”Cukup terbantu, karena dengan adanya outlet ini bisa semakin mempromosikan produk kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Promosi dan Produk Daerah pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati Alfianingsih mengungkapkan, membuka akses pasar dan membantu promosi produk-produk lokal sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah. Karena itu pihaknya tak henti-hentinya untuk mengangkat produk-produk yang dibuat oleh masyarakat Kabupaten Pati. Baik berupa makanan olahan maupun produk kerajinan.

”Melalui display gratis di Plaza Pragolo ini dengan beragam fasilitas yang mendukung sangat membantu para pelaku usaha. Selain itu, kami juga memberikan fasilitas promosi melalui berbagai media untuk para pelaku usaha ini. Agar pasar semakin terbuka, barang semakin laku, dan bisa membantu kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia