Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Pati

Pembenahan Jalan lingkar Selatan Pati Ambles Molor Lima Hari

06 Januari 2020, 10: 23: 26 WIB | editor : Ali Mustofa

KEBUT: Pekerja masih melakukan pengerasan tanah di jalan yang ambles.

KEBUT: Pekerja masih melakukan pengerasan tanah di jalan yang ambles. (ACHMAD ULIL ALBAB/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI, Radar Kudus – Pembenahan satu titik jalan lingkar selatan (JLS) yang ambles molor dari rencana. Dari yang ditargetkan rampung dalam waktu dua hari, pekerjaan diperkirakan baru bisa selesai dalam lima hari kedepan. Akibatnya dua lajur di sisi utara masih ditutup untuk sementara.

Sebelumnya, rekanan proyek jalan nasional tersebut mengungkapkan, pekerjaan pembenahan jalan yang ambles bisa rampung dalam waktu dua hari saja. Namun karena alasan cuaca yang kurang bersahabat, pekerjaan menjadi molor.

”Ini masih proses pembenahan. Kami terkendala cuaca. Sejak Sabtu (4/1) kemarin hujan terus mengguyur. Otomatis pekerjaan terhenti, kami targetkan lima hari sudah bisa selesai,” terang Harjanto dari PPK Jalan Trengguli-Kudus-Pati-Batas Jawa Timur ini.

Saat ini para pekerja dikerahkan untuk melakukan pemadatan struktur tanah di titik 72+420 tersebut. Material aspal sudah dikeruk dan nantinya akan diganti dengan material baru.

Seperti diketahui, jalan nasional yang menjadi akses alternatif dari Semarang menuju Surabaya tersebut saat ini masih dalam masa pemeliharaan oleh rekanan. Jalan itu dibangun dengan empat lajur, baru rampung dan diresmikan oleh Bupati Haryanto dan Forkopimda sekitar dua pekan lalu.

Masa perawatan untuk jalan tersebut dilakukan selama satu tahun, atau masa pemeliharaan berakhir pada Desember 2020. Pada masa pemeliharaan ini, rekanan memiliki kewajiban untuk melakukan pengecekan kondisi jalan secara berkala. Setiap triwulannya.

Hal itu untuk memastikan kondisi jalan pasca diresmikan. Pengecekan rutin dimaksudkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. Seperti kondisi tanah yang cukup menjadi perhatian.  

(ks/aua/him/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia