Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Hukum & Kriminal

Modus Pura-Pura Ngarit, Dua Pria Ini Gondol Motor Warga, Nih Orangnya

31 Desember 2019, 15: 47: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

MINTA KETERANGAN: Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tripasetyo Nugroho meminta keterangan dari tiga tersangka pencuri sepeda motor dalam jumpa press di halaman Mapolres setempat pada Senin (30/12).

MINTA KETERANGAN: Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tripasetyo Nugroho meminta keterangan dari tiga tersangka pencuri sepeda motor dalam jumpa press di halaman Mapolres setempat pada Senin (30/12). (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN, Radar Kudus – Pura-pura ngarit, dua pelaku mencuri motor warga yang berada di pinggir sawah. Dua pelaku  itu bernama Arifin, 49, warga Desa Karanganyar, Godong, Grobogan dan Agus, 45, warga Desa Wilalung, Demak. Selama satu tahun, keduanya berhasil menggondol 29 motor.

Kedua pelaku diketahui menjual hasil curian ke penadah di Kudus. Kemudian sepeda motor yang dijual dibongkar terpisah untuk dijual onderdilnya.

Praktik pencurianya, pelaku berpura-pura sebagai petani untuk cari rumput dengan menggunakan sabit dan karung. Ketika melihat ada sepeda motor parkir di pinggir sawah pelaku mengambil motor dengan kunci T.

Arifin salah satu pelaku mengaku, mencuri sepeda motor yang parkir di sawah dan ditinggalkan pemiliknya. Dia menggunakan kunci T untuk merusak kunci.

”Saya ambil sepeda motor yang parkir di pinggir sawah. Saya melihat situasi bersama teman. Lalu ambil sepeda motor ketika tidak diawasi pemiliknya. Kemudian saya jual ke penadah dengan harga Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta,” kata Arifin pelaku pencuri di depan petugas.

Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo mengatakan, penangkapan dilakukan karena ada laporan pencurian sepeda motor marak di Kabupaten Grobogan. Kemudian informasi tersebut dilakukan penyelidikan berhasil menangkap pelaku.

”Kami lakukan pengejaran ke Kudus. Hasil pencurian sepeda ini dipreteli dan dijual onderdil. Selama satu tahun ada 29 TKP,” kata Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho didampingi Wakapolres Kompol Dwi Hendro dan Kasatreskrim AKP Andi Mekuo kemarin.

Selain pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti belasan sepeda motor yang masih hasil utuh hasil curian, ratusan onderdil sepeda motor hasil pretelan. Satu kunci T, dua handphone, satu buah sabit dan karung. Kemudian ratusan onderdil dari berbagai macam sepeda motor Honda. Seperti Honda Beat, Vario, Scoopy dan yang lainya.

Selain menangkap dua pelaku curanmor, Polres Grobogan juga mengamankan Bambang Iswanto alias Bambang Gentolet, 26, Warga Dukuh Gendol, Desa Kedung Bacin, Kecamatan Todanan, Blora. Pelaku mengambil sepeda motor milik Jumiyati warga Desa Jangkungharjo, Kecamatan Brati ketika membeli buah di bundaran Adipura Purwodadi.

Saat itu, kunci sepeda motor masih terpasang. Pelaku kemudian mencuri sepeda motor dan STNK serta satu buah handphone yang ada di dalam jok sepeda motor. Pelaku kemudian berhasil diamankan setelah dilakukan pengejaran. 

(ks/mal/mun/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia