Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Politik

PPP Tutup Penjaringan Bacawabup Rembang, 7 Orang Kembalikan Formulir

30 Desember 2019, 12: 10: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

PPP Tutup Penjaringan Bacawabup Rembang, 7 Orang Kembalikan Formulir

REMBANG, Radar Kudus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rembang telah menutup penjaringan bakal calon wakil bupati (bacawabup) kemarin (28/12). Sekitar pukul 00.00. Kini, ada tujuh kandidat yang bakal mendampingi Abdul Hafidz (pendaftar tunggal di Bacabup Rembang di Pilkada 2020). Mereka memiliki bermacam latar belakang. Ada yang pengusaha, politisi, hingga kepala desa. Sementara itu, ada tiga orang yang tidak melengkapi berkas.

Anggota tim 9 (tim yang dibentuk DPC untuk penjaringan bacawabup) Hafidzin mengatakan, ada 10 orang yang mengambil formulir. Pendaftaran bacawabup dibuka pada 22/12. Ditutup Sabtu (28/12).

“Dari 10 orang yang mengambil formulir ada tujuh orang yang mengembalikan,” katanya saat dihubungi Jawa Pos Radar Kudus kemarin.

Ia juga memberikan profil kandidat yang telah mengembalikan berkas. Ketujuh orang tersebut memiliki latar belakang macam-macam. Dari kalangan politisi PPP ada dua. Zaimul Umam dan Supadi. Dari parpol lain ada Bayu Andriyanto (Nasdem) dan Harno (Demokrat). Sementara dari unsur pengusaha dan swasta ada Fanty Kurnia Margaretha, Arifin, dan Eko Sugeng Waluyo.

Jawa Pos Radar Kudus juga merekam animo beberapa kandidat saat pendaftaran. Seperti Zaimul Umam yang datang ke kantor DPC PPP Rembang. Mengambil formulir pada hari pertama pendaftaran. Dia diantar pendukung-pendukungnya.

Kemudian ada Supadi, yang juga didampingi ratusan pendukung. Bahkan ia menyediakan suguhan lontong tuyuhan. Untuk makan bersama Sabtu (28/12).

Di hari terakhir pendaftaran, juga datang Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Nasdem Bayu Andriyanto. Dirinya didampingi pengurus partai dan para pendukungnya. Di antaranya Ketua DPC PPP Rembang Majid Kamil dan Sekertaris DPC sekaligus calon bupati yang diusung DPC PPP Rembang pada pilkada 2020 Abdul Hafidz sedang berada di kantor DPC.

Adapun tiga orang yang tidak melengkapi adalah Wiwin Winarto, Yoppi Arifiyanto, dan H. Jildan. Selanjutnya, dari hasil penjaringan ini akan diberikan kepada tim 7. Yakni tim yang dibentuk untuk memberikan verifikasi dan penilaian.

Tujuh orang itu nantinya akan mengikuti masa ta’aruf. Sebagai perkenalan kepada struktur PPP. Yang rencananya dikemas di harlah ke-47 PPP pada akhir Januari 2020 nanti.  Untuk finalisasi, kewenangan fit and proper test ada ditangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP. ”Sebelum ta’aruf, hasil penjaringan diserahkan tim 7 untuk diverifikasi dan penilaian,” katanya.

Sebelumnya Hafidzin menjelaskan, ta’aruf yang dimaksud berawal saat hendak merencanakan feed and proper test lewat DPC Rembang. Tenyata, dalam SK DPP menerangkan, kewenangan fit and proper test ada di DPP. Sehingga pihaknya akan memanfaatkan momentum harlah PPP pada 5 Januari. Tetapi ta’aruf direncanakan akhir Desember. Yang juga akan diundang struktural. 

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia