Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Pendidikan

Hari Ini Giliran UMKU Kudus Gelar Konferensi Internasional di Semarang

18 Desember 2019, 12: 22: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

GO INTERNATIONAL: Prof. Hu Rong, Ph.D. dari Fujian Medical University China menyampaikan materi di UMKU. Hari ini, akan menjadi pembicara di konferensi internasional yang diadakan UMKU bekerja sama dengan beberapa universitas dari Malaysia dan Tiongkok.

GO INTERNATIONAL: Prof. Hu Rong, Ph.D. dari Fujian Medical University China menyampaikan materi di UMKU. Hari ini, akan menjadi pembicara di konferensi internasional yang diadakan UMKU bekerja sama dengan beberapa universitas dari Malaysia dan Tiongkok. (DHONY SETYAWAN//RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus – Hari ini (18/12), Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) mengadakan konferensi internasional di Semarang. Tema yang diambil, International Conference on Science, Health, Economics, Education, and Technology (ICOSHEET). Kemarin, universitas di Kudus ini, juga sukses menggelar seminar internasional pertamanya di auditorium kampusnya.

ICOSHEET akan diikuti 271 dosen peneliti dari dalam dan luar negeri. Seminar ini digelar di Hotel Santika Semarang dengan pertimbangan memudahkan sarana transportasi para peserta, karena datang dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Konferensi ini dibuka Rektor UMKU Rusnoto, SKM,M.Kes (Epid) dan menghadirkan beberapa narasumber sebagai penyampai materi. Pemateri terbagi dua, keynote speaker (pembicara utama) dan invited speaker (pembicara yang diundang). Pembicara utamanya Prof. Ocky Karna Radjasa, M.Sc., Ph.D selaku director of Research and Community Services of Research, Technology, and Higher Education Ministry of the Republic of Indonesia (direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Penelitian, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kementerian Republik Indonesia) dan Prof. H. Suyatno dari Universitas Muhammadiyah Bandung.

Sedangkan pembicara yang diundang, di antaranya, Prof. Abdul Thalib Bin Bon dari Universiti Tun Hussein On Malaysia (UTHM); Prof. Hu Rong, Ph.D. dari Fujian Medical University China; Assistant Professor Department of Mechanical Engineering Universiti Teknologi Petronas Dr. Turnad Lenggo Ginta; serta Dr. Eng. Agus Setiawan, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Selain penyampaian materi oleh pembicara utama dan pembicara yang diundang, ICOSHEET juga menyertakan sesi oral presentasi. Tujuannya, untuk mempresentasikan hasil-hasil penelitian dari para peneliti, dosen, mahasiswa, dan kalangan akademisi. Hasil penelitian yang dipresentasikan akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding internasional terindeks oleh lembaga pengindeks Internasional (Scopus ,WOS).

Rektor UMKU berharap, kegiatan ini dapat menjadi pintu gerbang dan awal langkah bagi dosen untuk memublikasikan karya-karyanya secara internasional. Baik di jurnal internasional bereputasi dan juga mampu meningkatkan peringkat kinerja institusi.

”Untuk UMKU ada 48 dosen yang ikut oral presentasi penelitiannya. Harapannya, hasil penelitian mereka dan para dosen dari universitas lain dapat terkumpul, di-review, dan dimasukkan dalam jurnal internasional. Sehingga, selain dosen terkait memiliki prestasi berupa publikasi penelitiannya berhasil termuat di jurnal internasional, perguruan tinggi yang menaungi dosen juga rating rangkingnya naik dalam indeks internasional maupun nasional,” imbuh Rusnoto. (nia)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia