Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Kudus

Museum Kretek Kudus Tambah Koleksi Buku Diduga Milik Nitisemito

Ditemukan di Pasar Lowak Amsterdam Belanda

13 Desember 2019, 11: 15: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

KOLEKSI BERTAMBAH: Kepala UPTD Museum Kretek Kasman Sutiyono Menunjukan buku yang diduga peninggalan Nitisemito. Untuk mengetahui keasliannya pihak museum bakal melakukan pengkajian.

KOLEKSI BERTAMBAH: Kepala UPTD Museum Kretek Kasman Sutiyono Menunjukan buku yang diduga peninggalan Nitisemito. Untuk mengetahui keasliannya pihak museum bakal melakukan pengkajian. (GALIH ERLAMBANG W/Radar Kudus)

Share this      

KUDUS, Radar Kudus - Koleksi benda di Museum Kretek Kudus bertambah. Yakni buku rekapan akuntansi yang diduga miliki Nitisemito. Karena masih dugaan, Pemkab rencananya akan mengecek keaslian buku satu ini.

Ukuran buku itu berukuran 30x25 sentimeter. Buku berwarna cokelat ini memiliki ketebalan enam sentimeter. Isinya berisi rekap akuntansi perusahaan rokok milik Nitisemito. Sesuai keterangan tanggal di dalam buku itu ditulis di Semarang pada Januari 1941. Ejaannya menggunakan ejaan lama. Pada pinggir jilitan buku terdapat nama Nitisemito.

Kepala UPTD Museum Kretek Kudus Kasman Sutiyono mengatakan, buku tersebut ditemukan oleh warga asli Belanda. Dalam surat yang dikirim kepada pihak museum, buku itu ditemukan di pasar lowak. Lokasi penemuannya di daerah Amsterdam.

(GALIH ERLAMBANG W/Radar Kudus)

"Buku ini dikirim dari Amsterdam pada (19/8) lalu. Namun untuk menyatakan keasliannya akan kami kaji lebih dalam," ungkapnya.

Saat mendapatkan buku ini, Kasman mendapatkannya secara gratis. Pihak pengirim tidak mematok biaya sama sekali kepada pihak Museum Kretek Kudus.

Untuk menelisik keaslian buku tersebut, pihak Museum Kretek Kudus masih menyimpannya. Mereka akan mengkaji keaslian temuan buku yang diduga milik Nitisemito. Lebih lanjut, pengkajian buku rencananya dijadwalkan pada 2020 mendatang. ”Setelah dinyatakan itu benar (Buku milik Nitisemito) akan kami pajang. Kami akan membuat ruang pameran khusus untuk koleksi Nitisemito,” katanya.

Hingga saat ini total barang koleksi yang dipajang di Museum Kretek Kudus totalnya ada 1769 buah. Yang terdiri dari alat pembuat rokok kretek, daun tembakau, koleksi bungkus rokok, dan sebagainya. (gal)

(ks/mal/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia