Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Jepara

Tugu Adipura di Jepara Kini Dilengkapi Kolam dan Taman

12 Desember 2019, 16: 20: 23 WIB | editor : Ali Mustofa

FINISHING: Taman Adipura menggantikan taman pekeng di jalan Wahid Hasyim Jepara dikebut pengerjaannya kemarin karena memasuki akhir kontrak pembangunan proyek.

FINISHING: Taman Adipura menggantikan taman pekeng di jalan Wahid Hasyim Jepara dikebut pengerjaannya kemarin karena memasuki akhir kontrak pembangunan proyek. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA, Radar KudusTaman Adipura yang dibangun menggantikan taman pekeng di Kelurahan Potroyudan jalan Wahid Hasyim memasuki tahap finishing kemarin. Keberadaan taman ini untuk mempercantik tata ruang kota yang juga dilengkapi dengan kolam.

Lima pekerja kemarin siang masih menyelesaikan tahap akhir pembangunan taman Adipura. Tahap akhir penyelesaian itu berupa pengecatan bagian bawah taman. Bagian itu adalah pembatas area taman dan badan jalan. Pembatas tersebut tingginya sekitar satu meter. Di area taman ditanami bunga juga di kelilingi kolam.

Bentuk taman itu segitiga. Bagian tengah atau konstruksi utamanya berupa monumen adipura. Monumen bagian bawah terdapat ornamen ukir dengan warna cokelat menyerupai warna kayu jati. Di atasnya terdapat pula ornamen ukir dengan tulisan Monumen Adipura Jepara.

Sementara di atasnya ada replika guci yang dikelilingi selendang batik. Di guci itu tertulis “Sugih Tanpo Bondo Digdoyo Tanpo Aji Trimah Mawi Pasrah Sepi Pamrih Lebih Ajrih (kaya tanpa harta, kuat tanpa ajian, menerima dengan kepasrahan,  jika kita tidak ada niat jahat kita tidak perlu takut, Red)”. Sedangkan bagian paling atas terdapat replika piala Adipura 1997. Sebelum ada taman Adipuran ini, sebelumnya hanya berupa taman dan kolam. Belum ada monumennya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara Farikhah Elida mengatakan anggaran daerah sebesar Rp 490 juta dikucurkan untuk penataan taman tersebut. Kemarin dikebut pengerjaannya. Karena ditargetkan 11 Desember selesai. Ia manambahkan, sebagai daerah tujuan wisata, Kota Jepara perlu dipercantik. Terutama di beberapa sudut yang yang menjadi jalur utama masuk kota.

“Lokasi taman menjadi jalur wisatawan memasuki kota. Sebelumnya hanya taman biasa. Kami pugar. Dijadikan taman adipura. Karena Jepara sudah jadi langganan menerima penghargaan itu,” ujarnya.

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia