Kamis, 30 Jan 2020
radarkudus
icon featured
Blora

Lokomotif Uap Kuno di Taman Seribu Lampu Blora bakal Dipoles Ulang

12 Desember 2019, 15: 25: 23 WIB | editor : Ali Mustofa

IKONIK: Anak-anak berfoto di depan lokomotif tua di taman seribu lampu setelah diletakkan.

IKONIK: Anak-anak berfoto di depan lokomotif tua di taman seribu lampu setelah diletakkan. (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA, Radar Kudus - Taman Seribu Lampu (TSL) Cepu kini ada spot baru. Yakni kereta tua yang berusia lebih dari sembilan dekade. Kereta uap tahun 1921 dari KPH Perhutani Cepu telah diletakkan di area Taman Seribu Lampu kemarin (9/12). Rencana akan dilakukan pengecatan ulang.

Luki Waluyo Pelaksana Pemasangan menjelaskan, kereta ini dari KPH Perhutani Cepu selanjutnya akan dilakukan perbaikan. "Perbaikannya nanti ini dicat ulang," ujarnya.

Seperti yang diketahui, kereta uap ini pada masanya digunakan penarik lori pengangkut kayu hasil hutan. Ke depan akan diberikan keterangan sejarah lokomotif. Untuk menarik wisata berkunjung ke Heritage Train Loco Tour.

Luki juga menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah mempersiapkan crane. Untuk proses pemindahan kereta.  Pantauan Jawa Pos Radar Kudus, kedatangan kereta ini cukup menarik perhatian warga. Warnanya hijau. Memang terlihat seperti kereta-kereta klasik.

"Crane kemarin diperkirakan sekitar 16 ton. Tentunya tidak kuat. Kereta ini 25 ton. Ini kereta uap tahun 1921," jelasnya.

Sontak warga yang berada di sekitar langsung membuntuti kereta itu. Ada juga warga yang mengabadikan momen ini lewat telepon genggam. Proses persiapan pengangkatan dilakukan hingga sekitar pukul 18.00.

Tak butuh waktu lama. Proses pengangkatan dan peletakan berlangsung kurang dari lima menit. Kereta seberat 25 ton itu sudah diberikan tempat tersendiri. Dengan rel kereta yang sudah ditata sebelumnya. (vah)

(ks/ali/top/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia